Jabar Maksimalkan Peran Bank Sampah dan Layanan Digital Tangani 24 Ribu Ton Sampah Per Hari

BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat berupaya mengatasi masalah persampahan lewat sejumlah terobosan. Salah satunya dengan pembinaan masyakat melalui pengembangan bank sampah.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan perlu ada perubahan paradigma pengelolaan sampah yang mengakar dan terpadu dari hulu ke hilir. “Agar dapat memberikan manfaat ekonomi, sumber daya dan lingkungan yang lebih sehat,” katanya dalam peringatan Hari Sampah Nasional (HSN) 2022 di Bandung, Selasa (8/3/2022).

Dalam sambutan yang dibacakan Asisten Daerah Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Jabar Taufiq BS, gubernur mengatakan pertambahan jumlah penduduk, perubahan konsumsi masyarakat hingga pandemi Covid-19 membuat timbulan sampah di Jabar makin bertambah.

“Tahun 2020 jumlah penduduk Jawa Barat mencapai 49,9 juta jiwa dengan timbulan sampah yang mencapai 24,790 juta ton per hari dengan komposisi sampah sisa makanan, plastik dan kertas karton,” tuturnya.

Sumber utama sampah plastik menurutnya berasal dari kemasan (packaging) makanan dan minuman, kemasan consumer goods, kantong belanja, serta pembungkus barang lainnya.

“Dari total timbulan sampah plastik, yang telah didaur ulang diperkirakan baru 10%-15% saja. Sisanya, sebanyak 60%-70% ditimbun di tpa, dan 15%-30% belum terkelola dan terbuang ke lingkungan,” katanya.

Di acara yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Barat Prima Mayaningtyas mengatakan sampah di Jawa Barat masih menjadi persoalan pelik mengingat tingginya produksi sampah.

“Soalnya dalam satu hari ada 24 ribu ton sampah ada di Jabar harus kita selesaikan. Sementara (target) pengurangan yang 30 persen diantaranya 2025 kenyataannya sekarang baru 5 sampai 10 persen harus kita kurangi,” katanya.

Menurutnya angka 24 ribu ton/hari harus segera diselesaikan, terutama dari sumbernya yang banyak berasal dari rumah tangga. Dari TPS Sarimukti aaja menurutnya sampah Bandung Raya mencapai 2000 ton/hari.

“Jadi kita tidak hanya memperingati HSN, tapi kita berharap kepedulian masyarakat untuk membantu menyelesaikan urusan sampah ini, kita yang produksi sampah kita juga yang menyelesaikan,” katanya.

Prima berharap salah satu kepedulian masyarakat mengolah sampah dihadirkan dengan menggandeng bank sampah yang jumlahnya di Jabar terus bertambah. “Sudah 1.616 bank sampah di Jabar menyelesaikan juga pemilahan sampah dan digunakan kembali,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan