Begini Cara Mengatur Screen Time di Iphone Agar Tak Kecanduan Smartphone

JAKARTA Fear of Missing Out atau FoMO merupakan sebutan bagi orang yang sulit berhenti dan kecanduan parah terhadap media sosial (medsos).

Hal itu sudah digolongkan sebagai penyakit mental oleh beberapa ahli, FoMO membuat seseorang merasa takut kehilangan sesuatu dan memikirkannya secara berlebihan saat satu waktu saja dia tidak mengakses medsos.

Meski sulit, menekan kecanduan gawai dan aplikasinya bukan tidak mungkin dilakukan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membatasi screen time atau interaksi kita dengan layar smartphone dan kembali membuat hidup kita menjadi seimbang.

Bagi pengguna iPhone yang ingin melakukan “diet smartphone”, untungnya ada cara mudah untuk memantau dan menurunkan penggunaan smartphone.

Apple merilis iOS 15 beberapa waktu lalu dengan menambahkan fitur bermanfaat bernama Screen Time.

Dilansir dari BollyInside, Senin (7/3), pengaturan Screen Time tersembunyi di menu Setting atau Pengaturan iPhone pengguna.

Fitur Screen Time ini bisa melacak seberapa banyak waktu yang dihabiskan pengguna di depan layar iPhone mereka, terutama di aplikasi tertentu.

Screen Time juga mencatat berapa kali pengguna mengangkat ponsel mereka tiap harinya. Bagaimana cara membatasi penggunaan iPhone lewat menu Screen Time?

Caranya mudah, pertama kamu bisa masuk ke menu Setting kemudian scroll ke bawah dan masuk Screen Time.

Kemudian, pilih Turn On Screen Time (Aktifkan Screen Time) diikuti dengan Continue (Lanjutkan).

Setelahnya, pengguna akan ditanya apakah mengkonfirmasi, apakah iPhone tersebut milik sendiri atau iPhone yang digunakan anak. Kalau sudah, Screen Time pun aktif dan akan mulai memantau penggunaan iPhone kamu.

Jika pengguna ingin mengatur kode kunci untuk pengaturan Screen Time, pengguna bisa kembali ke Setting > Screen Time, scroll ke bawah dan ketuk Use Screen Time Passcode..Selanjutnya, atur empat karakter untuk kode kunci.

Pengguna bisa memasukkan kode tersebut untuk mengatur waktu pembatasan yang dipilih.

Jika pengguna ingin melihat data Screen Time, buka Screen Time pada menu Setting dan ketuk See All Activity untuk membuka keseluruhan laporan status Screen Time iPhone kamu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan