Cara Alami untuk Meredakan Batuk Akibat Merokok

JAKARTARokok bisa menyebabkan masalah kesehatan tubuh. Bagi Anda sering merokok, kondisi kesehatan jantung dan paru-paru bisa terancam. Selain itu, merokok juga bisa mengakibatkan Anda sering batuk.

Meredakan batuk akibat merokok bisa menggunakan bahan alami berikut ini, yang dikutip dari laman Lifehack.

1. Air

Minum air putih membawa banyak manfaat bagi kesehatan. Air putih adalah pengobatan alami yang sederhana dan efektif untuk meredakan batuk sementara akibat merokok dan bisa membantu Anda membersihkan dahak serta bernapas lebih mudah.

Selain itu, minum air putih yang cukup akan menjaga keseimbangan cairan tubuh dan juga mencegah dehidrasi. Studi terbaru merekomendasikan bahwa minum 7 hingga 8 gelas air bisa membantu perokok memperbaiki kondisi batuk mereka.

2. Garam

Berkumur dengan air garam adalah cara yang baik untuk meredakan batuk, karena air garam memiliki efek bakterisida dan antiseptik. Oleh karena itu, banyak orang menggunakan obat ini untuk batuk, terutama bagi mereka yang berhubungan dengan merokok.

3. Madu

Dalam satu penelitian, madu terbukti meredakan batuk akibat merokok di malam hari dan lebih baik daripada dekstrometorfan, obat batuk yang dijual bebas. Selain itu, madu mengandung zat antioksidan dan antiinflamasi, dan mengonsumsi madu bisa memblokir akumulasi lendir serta menghancurkan bakteri.

4. Bawang putih

Bawang putih merupakan antibakteri dan antioksidan alami yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bwang putih juga mengandung nutrisi seperti fosfor, vitamin C, dan zat besi yang sifat alaminya bisa membantu tubuh melawan virus dan menghindari batuk.

5. Teh hijau

Minum segelas teh hijau panas setiap hari dianggap sebagai obat yang efisien untuk mengendalikan batuk akibat merokok. Senyawa antioksidan yang ada dalam teh hijau bisa membantu tubuh Anda mengurangi gejala infeksi saluran pernapasan atas.

6. Minyak atsiri jahe dan lemon

Minyak esensial yang diekstrak dari jahe dan lemon memiliki nilai farmasi yang luar biasa. Mereka bisa menenangkan dan menghangatkan saluran pernapasan, sehingga membantu meredakan perasaan tidak nyaman yang ditimbulkan oleh batuk yang terus-menerus. (jpnn/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan