Hadir Pada Harlah NU di Palembang Airlangga Hartarto Sampaikan Pesan Ini

PALEMBANG – Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, semenjak berdiri, Organisasi Islam terbesar di Indonesia Nahdlatul Ulama (NU) memiliki peran penting dalam perkembangan bangsa Indonesia.

Menurut Airlangga Hartarto, Nahdlatul Ulama dalam perjuangan bangsa Indonesia memiliki peran penting.

Bersama para Ulama dan para santri, Nahdlatul Ulama selalu menjadi motor pergerak perjuangan bangsa dengan menghasilkan kader-kader yang berwawasan luas baik tetang keagamaan dan wawasan kebangsaan.

‘’Untuk itu bersama, Nahdhatul Ulama, Pemerintah juga tengah mengembangkan berbagai program ekonomi kerakyatan,’’ucap Airlangga Hartarto ketika menghadiri acara puncak hari lahir Nahdlatul Ulama (Harlah NU) ke-99 di Jakabaring Sport City, Kota Palembang pada Jumat (4/03),

Airlangga Hartarto yang mewakili Presiden RI Joko Widodo itu menuturkan, Nahdlatul Ulama memiliki peran strategis dalam penegembangan ekonomi kerakyatan.

Penanganan Covid-19 juga menjadi kunci pemulihan perekonomian. Airlangga menyampaikan terima kasih atas doa para kyai dalam penanganan Covid-19 di Indonesia.

Peran para Ulama dan Kyai sangan membantu untuk memberikan kepercayaan kepada masyarakat untuk dilakukan vaksinasi.

‘’Para Kyai NU berani menyatakan di awal bahwa vaksin adalah halal dan aman, ini semua demi kemaslahatan seluruh masyarakat” ujar Menko Airlangga.

Pada kesempatan itu, Airlangga Hartarto mengajak kepada seluruh kader Nahdhiyin untuk mendoakan salah seorang ulama kharismatik berasal dari Palembang yakni Syekh Abdus Samad Al-Palimbani.

Menurutnya, Syekh Abdus Samad Al-Palimbani adalah seorang ulama besar bermazhab ahlus sunnah wal jama’ah.

Jejak perjuangan Syekh Abdus Samad Al-Palimbani telah menginspirasi para ulama nusantara bagi perkembangan Islam di Indonesia.

‘’Untuk itu, marilah kita mendoakan almarhum, Al-Fatihah…,” tutur Menko Airlangga.

Sementara itu Ketua PB NU KH. Yahya Cholil Staquf menuturkan, Nadlatul Ulama berdiri berkat peran para waliyullah.

Nahdlatul Ulama kemudian berkembang ke seluruh nusantara dan dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.

Peran Wali Songo dan waliyullah lainnya dalam menyebarkan agama islam memiliki peran kunci sebagai dasar cikal bakal berdirinya Nahdlatul Ulama.

Bahkan salah satu waliyullah seperti Ki Ageng Gribig masih memilik keterkaitan dengan Airlangga Hartarto yang merupakan keturunannya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan