Inilah yang Akan Terjadi jika Peperangan Nuklir Meletus

Jabarekspres.com – Putin menyatakan bahwa Rusia telah menyiapkan nuklir dan senjata-senjata berat seperti Khinzal dan misil-misil hypersonic Zircon sebagai respon “peringatan” khusus, dilansir dari euronews.com, Senin (28/02/2022).

Namun, PBB menyebut ide persiapan nuklir Putin itu sebagai “retorika yang tidak dapat dipahami”. Pasalnya, pada tahun 2020 Putin telah menyetujui “prinsip-prinsip dasar” untuk kapan Moskow bisa menggunakan senjata nuklir.

Moskow boleh meluncurkan nuklirnya jika ada misil-misil balistik terbang mengarah pada teritori Rusia; jika ada musuh menyerang Rusia dengan bom nuklir; jika ada serangan pada wilayah-wilayah di mana Rusia menempatkan nuklir; atau jika ada ancaman terhadap kedaulatan negara Rusia, dilansir dari Aljazeera, Minggu (27/02/2022).

Tidak ada kriteria-kriteria di atas saat Putin menyatakan kalau Rusia telah mempersiapkan nuklir dalam ketegangan konflik yang sedang terjadi di antara Kyiv dan Moskow sekarang.

Retorika Putin itu menuai banyak tanggapan, selain juga tentunya kecaman, dari berbagai pihak. Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg menanggapi perkataan Putin itu sebagai retorika yang berbahaya dan tidak bertanggungjawab.

“Itu adalah retorika yang berbahaya dan sikap yang tidak bertanggungjawab,” ungkapnya pada CNN, dilansir dari NDTV, Minggu (27/02/2022).

Para ahli pun mengatakan bahwa perkataan Putin itu tidak boleh diremehkan. Pasalnya, Rusia merupakan salah satu 4 Anggota Permanen Dewan Keamanan PBB yang berhak mempunyai senjata nuklir dan bisa meluncurkan bom berbahaya itu kapan saja.

“Pada dasarnya, beberapa senjata nuklir sudah selalu dipersiapkan,” kata seorang ahli Senior Associate Policy & Research di Global Zero, suatu lembaga non-profit yang berusaha menghapus penggunaan senjata nuklir.

“Rusia (dan Amerika) mempunyai misil-misil balistik interkontinental (ICBMS) yang siap diluncurkan kapan saja,” tambahnya pada Vice, Minggu (27/02/2022).

Dengan begitu, pernyataan Putin itu kembali mengangkat dampak mengerikan dari peperangan nuklir. Berikut ini Jabarekspres.com berusaha merangkum dampak horor dari senjata pemusnah massal itu.

Menghancurkan organ-organ tubuh

Selepas bom nuklir meluncur, terjadilah ledakan, panas, radiasi, yang bergerak secara sangat cepat. Orang-orang di sekitarnya akan tewas seketika akibat cedera tubuh yang sangat parah. Paru-paru remuk, gendang telinga pecah, pendarahan luar-dalam sangat parah, dan luka bakar tubuh yang sangat mengerikan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan