Foto Persib Angkat Spanduk ‘STOP WAR’ Viral, Muhammad Farhan : Pesan Damai Dari Bandung

BANDUNG – Foto aksi punggawa Persib Bandung yang berpose sambil mengangkat spanduk ‘STOP WAR’ sebagai bentuk dukungan moral di tengah konflik perang Rusia Ukraina menjadi  viral.

Aksi tersebut dilakukan setelah laga bergengsi Persib Bandung atas Persija pada duel el clasico di Liga 1 pada Selasa malam 1 Maret 2022. Laga ini pun jadi sorotan, dan mendapat apresiasi dari netizen karena kemenangan telak Persib.

Persib Bandung kini mantap di posisi runner up atau posisi ke-2 klasemen BRI Liga 1 2021-2022. Poto tersebut diposting akun Instagram @persib_day dengan caption STOP WAR #persibday.

Anggota Komisi 1 DPR RI dari Fraksi NasDem asal Bandung, Muhammad Farhan menilai kemenangan Persib Bandung jadi momentum dukungan moral bagi kancah Internasional yang tengah berkecamuk.

Tak dipungkiri, perang Rusia Ukraina berdampak sosial kepada WNI yang berada di negara tersebut.

“Pesan damai bisa datang dari mana saja. Sebagai klub besar dengan pendukung jutaan, Persib mengajak kita semua untuk tidak terjebak dalam angkara nafsu untuk berseteru, tapi justru berkompetisi dalam damai,” ujar Farhan dalam keterangan persnya, Rabu 2 Maret 2022.

Farhan menilai, dorongan moral ini harus jadi momentum bagi kedua negara untuk berunding meredam situasi. “Pemimpin kedua negara diharapkan tidak menutup mata dan telinga atas berbagai desakan dan imbauan internasional untuk menyudahi perang, seperti desakan dari majelis umum PBB,”

Menurutnya, perang berkepanjangan di Eropa Timur bisa mengganggu produksi dan suplai gas menuju Eropa Barat yang merupakan ko sumen gas terbesar Dunia. “Kalau sampai itu terjadi maka harga gas Dunia akan melonjak dan mempengaruhi kebutuhan gas rumah tangga di Indonesia,” terangnya.

Minta Dukungan ke Indonesia

Pemerintah Ukraina melalui surat yang dikeluarkan Kedutaan Besar Ukraina di Jakarta meminta dukungan dari pemerintah dan rakyat Indonesia dalam menghadapi tekanan yang dialami negara itu menyusul serangan Rusia.

“Bangsa Indonesia! Anda adalah bangsa yang kuat dan gagah, Anda adalah pejuang kebenaran dan kebebasan, Anda adalah tulang punggung perdamaian dan keadilan di negara Anda yang bebas dan demokratis,” kata pernyataan tertulis yang dikeluarkan Kedubes Ukraina di Jakarta pada Selasa malam 1 Maret 2022.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan