Dari Sebuah Lapang Di Dalam Gang, Akademi Persib Cimahi Terus Cetak Prestasi Nasional

CIMAHI – Firman Hadillah tak pernah menyangka, kecintaannya pada Persib dan kepeduliannya pada pembinaan sepakbola telah mengantarkannya menjadi salah satu sosok penting dalam berdirinya Akademi Persib Cimahi (APC) yang kini banyak melahirkan pesepakbola muda berprestasi yang mulai banyak dilirik oleh klub profesional di Indonesia.

Kakang Rudianto yang kini masuk tim senior Persib, adalah salah satu contoh pesepakbola binaan Akademi Persib Cimahi yang sukses berkiprah menjadi pemain profesional. APC sendiri mulai berdiri sejak 2018 lalu saat Firman ditawari manajemen Persib untuk membuat cabang Akademi Persib di Kota Cimahi.

Namun cikal bakal pembentukan Akademi Persib Cimahi sendiri dapat dirunut jauh kebelakang saat Firman mendirikan tempat latihan sepak bola untuk anak-anak di lingkungannya pada tahun 2013.

“Awalnya saya coba bikin lapangan bola di atas lahan keluarga. Tujuannya biar anak-anak di lingkungan tempat saya tinggal punya fasilitas untuk belajar sepakbola,” ujar Firman.

Maka pada 2013 itulah berdiri sebuah lapangan bola yang saat ini menjadi tempat para siswa binaan APC merintis jalan menuju atlet profesional melalui sepakbola. Lapangan bola itu sendiri terletak di sebuah gang di wilayah Cigugur Tengah, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi. Dimana siswa akademi banyak yang berasal dari luar daerah dan berbagai latar belakang ekonomi.

“Dulu saya tidak menyangka akan menjadi sebesar ini. Pembuatan lapangan sepakbola sendiri berangkat dari kesadaran bahwa tidak semua anak-anak memiliki daya dukung yang cukup untuk dapat belajar sepakbola secara layak,” lanjut Firman.

Menurut Firman selain mencetak pesepakbola andal, tujuan lain dari APC adalah memberikan akses dan kesempatan belajar bagi anak-anak bertalenta sepakbola namun memiliki keterbatasan ekonomi untuk mewujudkan mimpinya.

“Anak didik kami berasal dari banyak daerah. Tak jarang sebagian dari mereka juga berasal dari keluarga ekonomi lemah. Maka dari itu kami punya program kolaborasi dengan beberapa sekolah swasta untuk memfasilitasi pendidikan formalnya lewat jalur prestasi,” tambah Firman.

Firman berharap APC dapat banyak melahirkan pesepakbola yang dapat berkontribusi terhadap tim nasional Indonesia. Firman juga berkeinginan agar APC dapat bekerjasama dengan pemerintah agar semakin banyak siswa binaannya terfasilitasi untuk mendapatkan pendidikan formal di sekolah negeri.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan