Waspada, Komplotan Pembobol Uang Nasabah Bank Beraksi di Jawa dan Sumatrera

BENGKULU – Komplotan pembobol uang nasabah bank, kembali beraksi, namun kali ini aksinya berhasil digagalkan oleh Kepolisian dari Polda Bengkulu.

Polisi menangkap komplotan pembobol data dan uang nasabah di salah satu bank BUMN Provinsi Bengkulu.

Sebanyak 9 orang yang terlibat dalam aksi tersebut berhasil diamankan kepolisian, mereka adalah RS, CH, FH, BP, HK, ERZ, RAL, DAP dan AS.

Dimana setiap orang memiliki perannya masing-masing. RS dan CH berperan sebagai pembuat buku rekening palsu dan penyedia data nasabah bank.

“Kesembilan tersangka merupakan jaringan pembobol bank asal Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara,” kata Kabid Humas Polda Bengkulu Kombes Sudarno, Selasa (1/3).

Atas kejadian tersebut, salah satu bank BUMN yang berada di Provinsi Bengkulu mengalami kerugian sebesar Rp 2,91 miliar.

Kata dia, sebelumnya Subdit Harda Bangtah Direktorat Reskrimum Polda Bengkulu menangkap tujuh orang tersangka yang merupakan salah satu jaringan nasional asal Kota Medan yang beraksi di Pulau Sumatera dan Jawa.

Setelah melakukan penyelidikan terhadap tujuh tersangka tersebut, diketahui jumlah jaringan beranggotakan sebanyak sebelas orang yang terbagi menjadi dua tim, yaitu tim Alpha dan Delta.
Untuk tim Delta melakukan aksinya di wilayah Pulau Sumatera sedangkan tim Alpha melakukan aksinya di wilayah Pulau Jawa.

Lanjut Sudarno, para pelaku tersebut melakukan aksinya di Kota Batam, Palembang, Padang, Lampung, Bangka Belitung, Bengkulu, dan Kota Semarang.

“Untuk tiga tersangka yaitu KFN, ANP, serta WA yang terdiri dari dua orang wanita dan satu pria saat ini sudah ditangkap di Semarang, sedangkan untuk tersangka CH ditangkap di Binjai,” ujarnya. (jpnn/rit)

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan