Soal Usulan Gus Muhaimin, NasDem: Berbahaya!

JAKARTA – Usulan Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin yang ingin menunda pelaksanaan Pemilu 2024 terus memicu reaksi.

Kali ini giliran petinggi dari Partai NasDem yang memberikan komentar merespons usulan Gus Muhaimin yang menggegerkan publik itu.

Sebelumnya, para petinggi dari 3 partai yakni PKS, PDI Perjuangan, dan Partai Demokrat menolak tegas usulan Ketua Umum PKB itu.

Sementara itu, berdasarkan catatan Jabarekspres.com baru PAN yang sepakat dengan adanya usulan memundurkan jadwal Pemilu 2024.

Melansir Pojoksatu.id, Ketua DPP Partai NasDem Effendy Choirie mengatakan secara tegas pihaknya tak setuju dengan usulan penundaan Pemilu 2024.

Menurut Effendy Choirie usulan memundurkan jadwal Pemilu 2024 tersebut patut dilawan karena bertentangan dengan UU (Undang-undang).

“Kami (Partai NasDem) siap lawan bersama rakyat karena (menunda Pemilu 2024) melawan UU,” kata Ketua DPP Partai NasDem itu menegaskan.

Lebih lanjut, Effendy Choirie, mengungkapkan bahwa Partai NasDem tetap memiliki komitmen untuk mengawal penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Sedikit pun partai kami tidak terbesit Pemilu 2024 ditunda dan komitmen kami untuk mengawal,” ucap anak buah Surya Paloh itu.

Dalam pandangan, Effendy Choirie usulan penundaan Pemilu 2024 yang disuarakan Ketua Umum PKB itu sangat berbahaya kepada perkembangan demokrasi nasional.

“Ini sangat berbahaya. Jangan korbankan demokrasi sudah terbangun demi kepentingan sekelompok elite politik,” tuturnya.

Maka dari itu, Ketua DPP Partai NasDem itu meminta usulan yang menghebohkan publik dan mendapat sorotan kalangan politisi tersebut segera dicabut.

“Memohon kepada Gus Muhaimin dan para pimpinan partai lain, termasuk Golkar hingga PAN agar mencabut usulannya,” kata Effendy Choirie menandaskan.

Diberitakan Jabarekspres.com sebelumnya, Gus Muhaimin mengatakan akan mengusulkan Pemilu 2024 agar diundur maksimal dua tahun. Dia akan membicarakan usulan ini ke Jokowi dan pimpinan partai.

Kendati menyuarakan penundaan Pemilu 2024, Muhaimin mengaku belum bisa memastikan apakah usulan pribadinya ini bisa diterima semua stakeholder di politik atau tidak.

“Ya, nanti kita lihat saja, apakah mungkin bisa diundur atau tidak,” ucap Ketua Umum PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) itu.

Ketua Umum PAN (Partai Amanat Nasional) Zulkifli Hasan pun mempunyai pandangan yang sama dengan Gus Muhaimin soal memundurkan jadwal Pemilu 2024 mendatang.***

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan