Manfaat Makan Kimchi yang Perlu Diketahui

JAKARTA – Kimchi merupakan jenis makanan fermentasi, yang diklaim memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Menurut peneliti dari College of William and Mary, AS, makan makanan hasil fermentasi, salah satunya kimchi, dapat membantu meredakan beban saraf dan meringankan gangguan kecemasan.

Sementara itu, dalam studi yang dirilis Matthew Hilimire dan kolega di jurnal National Center for Biotechnology Information, ditemukan fakta menarik.

Berdasarkan kesimpulan yang mereka buat, makan makanan fermentasi dapat memberi efek yang kurang lebih sama, dengan jenis obat yang digunakan untuk mengatasi gangguan kecemasan.

Hal ini ada hubungannya dengan kandungan prebiotik yang dimiliki makanan fermentasi, seperti kimchi contohnya.

Diketahui bahwa mereka yang makan kimchi memiliki kesehatan pencernaan yang baik, berdampak terhadap kerja otak yang juga baik.

Sementara menurut studi lain yang tidak terkait studi di atas, konsumsi prebiotik yang terdapat dalam makanan hasil fermentasi, seperti kimchi, dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menjaga orang tidak mudah sakit.

Tertarik untuk membuat kimchi sendiri? Berikut cara membuat kimchi seperti, dianjurkan pakar kesehatan Islam, dr. Zaidul Akbar dalam Instagramnya:

Bahan

1 buah Sawi Putih
2 buah Lobak Putih
1 buah Wortel
2 tangkai Daun bawang/bawang kucai
Garam non refinasi secukupnya
Air secukupnya
Raw cane sugar/gula tebu non refinasi secukupnya
Minyak ikan secukupnya
Cabe bubuk korea (gochugaru) secukupnya
1 bonggol Bawang putih dan 1 ruas jahe dihaluskan tetapi masih bertekstur agak kasar, jgn terlalu halus
Eco enzyme untuk mencuci sayuran non organik
Classic Enzyme (jika ada) secukupnya
2 buah pear dijus dan diambil airnya.

Cara Membuat

1. Rendam semua sayuran non organik dengan eco enzyme (cuka apel/sejenisnya)selama 45 menit.
2. Sawi putih dipotong dua lalu dilumuri garam, masukkan wadah, siram kembali dengan air garam sampai sawi tertutup air garam semua, beri pemberat agar tenggelam, rendam selama 8 s.d 15 jam.
3. Lobak putih dipotong tipis (slices) direndam dengan garam selama 2 jam sampai rasa pahitnya hilang, tiriskan rendam kembali dengan classic enzyme (jika ada) untuk rasa yg lebih gurih, lalu tiriskan kembali sampai kering.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan