Cobalah ini! 7 Tips Agar Tak Mengantuk Saat Bekerja

Jabarekspres.com- Ada kalanya kita mengantuk saat bekerja hal ini akan sangat menganggu sehingga membuat kehilangan konsentrasi dan fokus dalam bekerja.

Mengantuk saat bekerja itu bisa anda lawan dengan cara sederhana yang berhasil Jabarekspres.com rangkum dari laman idntimes.com.

Berikut adalah 7 cara sederhana yang bia usir rasa kantuk.

  1. Istirahatlah sejenak

Rasa kantuk sering sekali datang ketika kamu bekerja dalam waktu yang lama. Ditambah jenis pekerjaan anda memerlukan konsentrasi yang tinggi.

Untuk menghilangkan rasa kantuk dan membuat anda kembali fokus dalam bekerja cobalah gunakan waktu istirahat anda dengan sebaik-baiknya.

Jika memungkinkan untuk tidur, tidurlah terlebih dahulu selama 10 sampai 15 menit, dijamin setelah melakukan ini anda akan segar kembali dan dapat fokus kembali bekerja.

  1. Cuci wajah

Jikalau istirahat masih tak cukup untuk mengusir kantuk, cobalah pergi ke kamar mandi dan cuci wajah anda.

Dengan mencuci wajah dengan air dingin akan membantu menyegarkan wajah dan memberikan udara yang sejuk. Udara sejuk akan meningkatkan kewaspadaan. Sehingga anda tak mengantuk saat bekerja.

  1. Minum kopi

Bagi anda penggemar kopi, minum kopi saat bekerja akan menghilangkan rasa kantuk. Karena kopi mengandung kafein.

Kafein merupakan stimulan yang bisa meningkatkan aktivitas otak dan sistem saraf. Sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir, kinerja mental dan melawan rasa kantuk.

Tapi jangan sampai anda mengkonsumsinya secara berlebihan, karena jikalau anda mengkonsumsi kafein dalam jumlah yang banyak maka anda akan merasa gelisah.

  1. Aktif bergerak

Bagi orang yang bekerja yang dituntut untuk duduk dengan waktu yang lama, maka bergeraklah. Luangkan waktu anda untuk aktivitas seperti berjalan-jalan di sekitar.

  1. Atur pernapasan

Berlatih mengatur nafas akan akan membantu meningkatkan jumlah oksigen dalam tubuh anda dan mengurangi kelelahan.

Caranya ambil nafas dalam-dalam secara perlahan ke perut, lalu hembuskanlah lewat mulut. Ulangi kegiatan ini sampai kantuk hilang.

  1. Minum air yang cukup

Minum air dengan cukup akan membantu anda tetap terjaga, karena dengan minum air putih akan membantu anda terhidrasi di siang hari.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan