Begini Peran Data Center Saat Ini

Bisnis apapun di masa sekarang dapat tetap relevan karena mengandalkan infrastruktur digital, termasuk data center. Membahas soal seberapa penting peranan data center, Bogi Witjaksono, Direktur Wholesale dan International Services Telkom di Jakarta menerangkan, pada skema Work From Home (WFH) yang merupakan bagian dari konsep telecommuting (bekerja jarak jauh) yang menjadi rutinitas baru, data center on-premise dapat menjadi tantangan tersendiri bagi bisnis.

“Itulah sebabnya, untuk dapat memfasilitasi implementasi WFH, banyak bisnis yang akhirnya memilih data center colocation dari pada opsi yang konvensional,” ujarnya.

Bogi mengungkapkan, untuk mendukung hal tersebut, dibutuhkan kualitas data center yang memadai dan mendukung colocation. Hal ini dikatakan bertujuan untuk pekerjaan jarak jauh menjadi lebih mudah dan memungkinkan perusahaan untuk mendapat layanan terbaik serta mengurangi biaya dibanding dengan mengelola data center sendiri.

Dengan mengandalkan layanan data center yang andal, perusahaan dapat memperoleh manfaat dari infrastruktur yang telah dirancang dengan baik. Menurutnya, penyedia data center yang bisa diandalkan harus siap sedia nonstop kapan pun diperlukan.

“Ketersediaan data yang reliable adalah salah satu tantangan terbesar yang dihadapi perusahaan dalam menciptakan tempat kerja virtual yang andal. Jika karyawan jarak jauh tidak dapat mengakses data dan aplikasi yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan mereka, akan ada banyak waktu yang dihabiskan hanya untuk duduk dan menunggu,” kata Bogi.

Hal ini dikarenakan karyawan tersebar secara geografis dan hanya terhubung secara virtual. Dan, pada saat mereka jehilangan akses ke jaringan, hal tersebut berdampak pada perusahaan yang mungkin menghentikan proses produksi.

Ada dua efisiensi yang didapatkan dari penggunaan layanan colocation, yakni efisiensi finansial dan operasional. Adapun data Center yang menawarkan layanan colocation seperti NeuCentrIX dari Telkom diklaim dapat memastikan efisiensi finansial dan operasional dalam bisnis.

“Dengan layanan colocation, kita tidak perlu memiliki fasilitas di lokasi sendiri untuk mendapatkan manfaat maksimal dari pusat data. NeuCentrIX akan memberi kita ruang, peralatan, daya, pendinginan, keamanan, dan konektivitas yang diperlukan untuk operasi bisnis,” tegas Bogi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan