Larangan Makan Seafood dengan Jus Jeruk, Mitos!

Jabarekspres.com- Mitos akan larangan tak boleh makan seafood dibarengi minum jus jeruk adalah mitos yang sudah lama berkembang di masyarakat luas. lantas apakah benar hal itu tak boleh dilakukan?

Isu tentang jus jeruk yang dikonsumsi bersamaan dengan seafood maka akan menjadi racun yang sangat berbahaya, hingga menyebabkan kematian membuat orang yang mengkonsumsinya akan meniggal.

Hal ini membuat beberapa orang sangat waspada mengkonsumsi seafood dibarengi dengan minum jus jeruk. karena “katanya” vitamin C yang ada di jus jeruk akan mengeluarkan senyawa arsenik yang berubah menjadi racun mematikan.

Dikutip dari Halodoc.com bahwa hal tersebut KELIRU dan isu soal makan seafood yang dibarengi dengan jus jeruk merupakan mitos belaka. Memakan Seafood dengan jus jeruk tak akan menimnbulkan kematian.

Seafood memanglah mengandung zat arsenik organik. Namun menurut publikasi ilmiah Clinical Chemistry jumlah zat arsenik yang ada di seafood tidaklah banyak. Zat arsenik itu dapat langsung dikeluarkan oleh tubuh lewat urine. sehingga mengkonsumsi seafood dengan jus jeruk tidak lah berbahaya.

Zat arsenik sendiri banyak kita jumpai pada makanan kita sehari-hari. Tapi tak semua zat arsenik berbahaya.

Ada dua macaam zat arsenik yakni, zat arsenik organik dan zat arsenik anorganik. zat arsenik organik dapat kita jumpai di makanan laut, sayuran, maupun daging. Sedangkan zat arsenik anorganik adalah sebuah zat beracun yang harus dihindari.

Oraganisasi kesehatan dunia WHO menyebutkan bahwa zat arsenik yang kita konsumsi di dalam makanan mempunyai kadar sebesar 0,5-1 miligram. Sehingga zat arsenik yang kita konsumsi masih lah aman dan tak akan mengganggu kesehatan tubuh.

Bahka jika ada zat arsenik anorganik yang berada di dalam seafood contohnya udang pun jumlahnya hanya kurang dari 4 persen atau sekitar 0,5 mg. tak akan bebahaya.

Yang berbahaya ketika kita mengkonsumsi seafood dengan berlebihan. Arsenik anorganik yang ada di dalam seafood seperti udang akan berubah menjadi arsenik trioksida jika kamu memakan sebanyak 105 kilogram seafood (udang).

Namun jika kamu mengalami keracunan setelah mengkonsumsi seafood yang dibarengi jus jeruk, ada kemungkinan seafood tersebut tidaklah segar atau kamu meminum jus jeruk terlalu banyak.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan