Inilah Manfaat Kopi untuk Kesehatan Tubuh

Jabarekspres.com – Manfaat kopi bukan hanya menjadi minuman yang digunakan untuk menghilangkan rasa kantuk, tapi sudah menjadi gaya hidup setiap orang, sehingga kedai kopi kini mulai banyak bermunculan.

Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukan bahwa manfaat kopi sangat baik untuk kesehatan tubuh, dan salah satunya dapat terhindar dari gagal jantung.

Dengan banyaknya studi yang menunjukan manfaat kopi ini, semoga bisa menjadi ilmu baru bagi diri kita.

Dilansir oleh Jabarekspres.com dari The Healthy pada Rabu 16 Februari 2022, berikut ini adalah manfaat kopi untuk kesehatan tubuh kita.

1. Kopi dikaitkan dengan risiko gagal jantung yang lebih rendah

Dalam sebuah studi dari jurnal kardiovaskular circulation (diterbitkan oleh American Heart Association), melihat pengaruh status konsumsi kopi, konsumsi daging merah, dan konsumsi susu murni.

Tim peneliti ini menemukan hubungan antara konsumsi kopi dan penurunan risiko gagal jantung dan stroke di kemudian hari.

2. Kopi dapat mengurangi resiko diabetes tipe 2

Sebuah penelitian dari European Journal of Nutrition menemukan bahwa, minum tiga hingga empat cangkir kopi per hari, dapat membantu mencegah diabetes tipe 2.

Menurut penelitian tersebut, gula darah yang tidak stabil dapat menyebabkan penyakit jantung, hal ini menunjukkan bahwa tidak apa-apa untuk menambah secangkir kopi demi kesehatan jantung.

3. Kopi dapat menurunkan risiko aritmia jantung

Pada tinjauan penelitian tahun 2018 dalam jurnal JACC: Electrophysiology menyarankan bahwa, mengonsumsi hingga 300 miligram kafein setiap hari, dapat membantu melindungi diri kita dari gangguan irama jantung.

Penelitian terbaru yang diterbitkan di JAMA Internal Medicine, berhasil menghubungkan meminum secangki kopi setiap hari, maka tubuh kita 3% lebih rendah terkena aritmia.

4. Kopi membuat bahagia, maka jantung menjadi lebih sehat

Penelitian longitudinal yang muncul dalam European Heart Journal edisi 2010 menjelaskan bahwa, secangkir kopi dapat membuat hati kita menjadi menyenangkan.

Selain itu, saat melakukan peracikan kopi hingga meminumnya, ternyata dapat menyenangkan hari yang akan kita jalani.

Itulah beberapa manfaat kopi yang perlu kita ketahui, semoga artikel ini dapat memberikan pengetahuan baru bagi para penikmatnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan