Di Sidak Bupati, PT HRI Siap Pekerjakan Kembali Giri Pamungkas

KARAWANG – Usai didatangi Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, PT Hasil Raya Industries (HRI) siap mempekerjakan kembali Giri Pamungkas (27) salah satu buruhnya yang di PHK setelah mengalami kecelakaan kerja dan kehilangan 4 jari tangan kanannya.

Cellica melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke perusahaan PT HRI menyusul adanya curhatan buruh Karawang yang hilang empat jari tangan kanannya akan tetapi malah di PHK tersebut menjadi viral di media sosial.

Dihadapan Bupati Karawang, Pihak manajemen mengakui pernah memberikan komitmen lisan akan mempekerjakan kembali Giri Pamungkas.

“Iyah saya pernah bilang akan pekerjakan kembali Giri, tapi berupa lisan,” kata Soleh selaku HRD PT HRI.

Sementara itu Direktur Utama, PT HRI Stephen Sutanto menjelaskan pihaknya akan mempertimbangkan Giri untuk dipekerjakan kembali di perusahaannya.

“Kami akan mempertimbangkan mempekerjakan kembali Giri Pamungkas dan akan memanggilnya untuk diwawancarai ulang dan kami akan kasih peluang beliau dan memberikan kesempatan yang tepat,” katanya.

Dalam sidak, Cellica bersama jajaran Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Karawang mengkonfirmasi kondisi yang sebenarnya terjadi kepada pihak perusahaan, dan menanyakan kebenaran terkait kabar tersebut.

“Kami datang ke perusahaan adalah kewajiban sebagai pemerintah soal rasa kemanusiaan,” kata Cellica, Senin (14/2).

Dari hasil pertemuan dengan manajemen PT HRI, kata Cellica pihaknya menekankan agar perusahaan segera menunaikan kewajibannya.

Yakni mempekerjakan kembali Giri dan juga mengingatkan perusahaan soal rasa kemanusiaannya untuk pemberian kompensasi terhadap Giri.

“Sudah komitmen mereka dan kami tunggu janjinya,” jelas dia.

Dia menambahkan, perusahaan harus mematuhi aturan yang berlaku tentang ketenagakerjaan.

Apalagi setiap pabrik atau perusahaan menyediakan kuota 1-2 persen untuk pekerja disabilitas.

“Jadi kami tunggu kabar kelanjutannya, harus ada kemanusiannya. Apalagi pekerja itu mengalami kecelakaan kerja di sini PT HRI,” ungkap dia.

Curhatan buruh di Karawang, Jawa Barat yang mengalami kecelakaan kerja sehingga empat jari tangannya hilang dan malah di PHK (pemutusan hubungan kerja) perusahaan, viral di media sosial.

Buruh itu bernama Giri Pamungkus (27).

Dalam postingan di akun instagram @karawang_kekinian diunggah foto Giri dengan memegang kertas putih dan tangannya kanan tampak tersisa jari jempol saja.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan