Atasi Rambut Beruban dengan Cara Ini

JAKARTA – Rambut beruban bisa disebabkan karena beberapa hal, mulai dari usia lanjut hingga penggunaan bahan kimia pada rambut. Bahkan rambut bisa beruban sebelum waktunya.

Penyebab rambut beruban tidak diketahui secara pasti. Dokter merasa penyebabnya mungkin turun temurun atau karena sistem kekebalan tubuh kita.

Kekurangan vitamin B12, vitamin C dan E, serta kekurangan mineral seng dan tembaga dalam tubuh bisa memengaruhi warna rambut. Seperti dikutip laman Thehealthsite, berikut cara mengatasinya.

1. Amla

Konsumsi jus satu amla setiap hari bisa membangun sistem kekebalan tubuh dan mencegah degenerasi.

2. Terapi minyak panas untuk menutrisi rambut rusak

Mereka yang menggunakan pewarna dan pewarna kimia harus merawat rambut secara ekstra, dengan ramuan alami terapi minyak panas secara teratur untuk mengatasi kerusakan.

Seminggu dua kali, panaskan minyak kelapa murni dan oleskan pada rambut, kemudian celupkan handuk ke dalam air panas, peras airnya dan bungkus handuk panas di sekitar kepala seperti sorban. Diamkan selama 5 menit.

Ulangi bungkus handuk panas 3 atau 4 kali. Ini membantu rambut dan kulit kepala menyerap minyak lebih baik.

3. Konsumsi daun kari untuk memperkuat folikel

Memasukkan daun kari dalam makanan dikatakan bisa memperkuat akar dan folikel rambut. Mereka adalah sumber kaya beta-karoten dan protein, yang sebenarnya membantu mengendalikan kerontokan rambut dan mendorong pertumbuhan rambut yang sehat.

Daun kari juga mengandung kalsium, fosfor, zat besi dan asam folat dan juga vitamin C, B, A, E. Atau, oleskan pasta daun kari pada rambut. Mereka mengandung antioksidan dan mencegah degenerasi dini, bilas setelah 20 hingga 30 menit. Daun kari membantu melembabkan kulit kepala dan mencegah kekeringan. (jpnn/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan