WHO Bandingkan Kecepatan Penularan Delta Dan Omicron, Delta Butuh 2 Bulan, Omicron hanya 2 Pekan

JAKARTA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) membandingkan kecepatan penularan virus Covid-19 antara dua varian yakni Delta dan Omicron di Amerika Serikat(AS).

Dilansi dari laman Science News Minggu (13/2), kecepatan penularan Varian Delta yang ganas masih tidak sebanding dengan Omicron yang mampu menyebar berkali-kali lipat kecepatannya.

Cepatnya penularan varian Omicron dari Covid-19 membuat varian ini menjadi Variant Of Concern (VOC) Di Amerika Serikat (AS) yang saat ini masih menghadapi gelombang Omicron, merasakan varian ini meledak dengan kecepatan yang luar biasa.

Sebagai perbandingan, varian Delta bahkan membutuhkan 8 pekan atau 2 bulan untuk mencetak rekor. sementara Varian Omicron hanya dalam 2 pekan mampu memecahkan rekor.

Hal itu disampaikan para peneliti dalam Laporan Mingguan Morbiditas dan Mortalitas 11 Februari. Mereka membandingkan kedua varian VOC tersebut.

1. Delta

Delta mulai menanjak dominasinya di tengah maraknya varian yang beredar di AS pada awal tahun 2021 atau 2 Juli 2021. Pada awal Mei, Delta bertanggung jawab atas hanya 1 persen dari infeksi mingguan.

Delapan pekan kemudian, pada pekan yang berakhir 26 Juni, Delta mendorong lebih dari setengah infeksi baru. Dan pada akhir Juli, varian tersebut menyumbang lebih dari 95 persen kasus Covid-19 baru setiap pekan.

2. Omicron

Omicron diperkirakan telah mencapai prestasi yang sama empat kali lebih cepat. Pejabat Mesehatan Masyarakat AS mendokumentasikan kasus Omicron pertama pada 1 Desember 2021. Pada pekan yang berakhir 11 Desember, varian tersebut menyumbang lebih dari 1 persen kasus baru.

Hanya dua pekan kemudian, jumlah itu meroket menjadi lebih dari 50 persen, kemudian naik menjadi lebih dari 95 persen pada pekan yang berakhir 8 Januari. Penyebaran cepat varian Omicron kemungkinan didorong oleh peningkatan penularan melalui Delta, serta kemampuan yang lebih baik untuk menghindari kekebalan atau vaksin dan antibodi.

Laporan CDC

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit CDC AS menunjukkan bahwa Omicron mungkin telah mengalahkan penyebaran varian Delta di AS pada 5 Februari. CDC melakukan pengawasan genomik untuk melacak varian SARS-CoV-2 di AS.

Varian Delta (sublineage B.1.617.2 dan AY) naik menjadi dominan pada akhir Juni 2021. Diikuti oleh peningkatan pesat Omicron (B.1.1.529 dan BA) pada Desember 2021.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan