Tradisi Unik Perayaan Valentine di Beberapa Negara

JABAREKSPRES.COM – Di Indonesia, hari valentine yang jatuh pada 14 Februari tidak banyak dirayakan oleh masyarakat. Namun di belahan dunia lain perayaan hari valentine setiap tahunnya selalu menjadi momen yang ditunggu.

Pada hari valentine kebanyakan pasangan memberikan bunga atau cokelat sebagai ungkapan rasa sayang. Atau bisa juga dengan melakukan dinner romantis bersama pasangan.

Namun ternyata, ada beberapa negara yang memiliki tradisi unik dalam perayaan valentine. Tradisi negara satu dengan yang lainnya tentu berbeda-beda.

Walaupun masyarakat Indonesia lebih memilih merayakan hari kasih sayang setiap hari tanpa menunggu hari valentine, namun tak ada salahnya melihat tradisi unik merayakan valentine di berbagai negara tersebut.

Diambil dari berbagai sumber, berikut negara yang memiliki tradisi unik tersebut.

1. Denmark

Masyarakat Denmark merayakan hari valentine dengan bertukar kartu ucapan yang menyerupai surat. Kartu tersebut dibuat sendiri dan ditulis dengan tangan.

Kemudian kartu tersebut ditempeli sejenis bunga putih yang biasa disebut snowdrops atau tetesan salju.

2. Ghana

Di negara Ghana, hari valentine juga ditetapkan sebagai Hari Cokelat Nasional. Ghana diketahui merupakan salah satu negara yang banyak menghasilkan kakao yang terbesar di dunia.

Sehingga pada 2007, pemerintah Ghana menetapkan tanggal 14 Februari sebagai Hari Cokelat Nasional. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan cokelat dan mendorong pariwisata di negara tersebut.

3. Bulgaria

Berbeda lagi dengan tradisi masyarakat Bulgaria dalam merayakan valentine. Masyarakat Bulgaria merayakan hari kasih sayang tersebut dengan membuat anggur.

Bahkan mereka memberi nama secara khusus hari tersebut sebagai “Day of Winemakers” atau Hari Membuat Anggur.

Semua pasangan yang ada di Bulgaria, baik yang masih berusia muda ataupun tua merayakan hari kasih sayang dengan membuat dan menenggak anggur lokal buatan mereka.

4. Jepang

Jepang juga memiliki tradisi unik dalam merayakan hari valentine. Di hari kasih sayang tersebut, hanya para perempuan yang boleh memberikan hadiah atau kado kepada kekasih maupun pria idamannya.

Para pria tak boleh memberikan apapun kepada perempuan di hari valentine tersebut. Namun pada 13 Maret, pria diperkenankan memberikan hadiah atau kado sebagai balasan cinta mereka, hari tersebut biasa dikenal dengan “White Day”.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan