Lumbung Sosial Sangat Membantu Percepatan Penanganan Bencana

BALEENDAH – Manfaat lumbung sosial kebijakan Menteri Sosial tersebut tidak hanya untuk membantu korban bencana, tapi juga bisa digunakan untuk membantu kegiatan warga.

Lumbung sosial untuk percepat pendistribusian bantuan, di Kelurahan Baleendah Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung kini sudah terbangun lumbung sosial, yang berisi alat-alat perkakas hingga berbagai jenis makanan.

Sekretaris Camat Baleendah yang sekaligus Plt Lurah Baleendah, Yusran Razak melalui Staf Sosbud Kecamatan Baleendah, Feni Kuswana mengatakan lumbung sosial ini diserahterimakan dari Dinas Sosial ke pemerintah kecamatan untuk dikelola.

Selain untuk kebencanaan, ungkap Feni, lumbung sosial itu juga bisa digunakan untuk hal yang lain, misal kegiatan kerja bakti yang lingkungan masyarakat.

“Kita bisa memakai barang yang di dalam (di lumbung), misalnya kaya kemarin di Kelurahan Baleendah itu ada kerja bakti Citarum Harum untuk pemeliharaan saluran air dalam rangka mencegah banjir,” kata Feni saat ditemui di Kelurahan Pemberian bantuan pada korban yang rumahnya tertimpa pohon di Rancamanya, Kecamatan Baleendah., Kamis (10/2).

Diakatan Feni, dalam lumbung sosial tersebut terdapat sejumlah alat seperti genset, alat dapur, matras dan kompor yang bisa digunakan untuk membangun dapur umum saat terjadi bencana atau pasca bencana. Untuk ketersediaan logistik pangan diantaranya, makanan kaleng seperti sarden, kornet dan kue.

“Untuk pasien Covid-19 kemarin koordinasi sama Dinas Sosial Kabupaten Bandung belum ada tanggapan, pasalnya, yang ada di lumbung sosial ini kebanyakan barang mati bukan makanan,” kata Feni.

Saat ini, kata Feni, hanya beberapa wilayah di Kabupaten Bandung yang sudah terbentuk lumbung sosial. Diantaranya, Kecamatan Baleendah, Kecamatan Bojongsoang dan Kecamatan Dayeuhkolot.

Bagi kecamatan yang belum terbentuk lumbung sosial, kata Feni, bisa mendapatkan bantuan dari lumbung sosial yang sudah ada di tiga kecamatan tersebut, dengab cara, kata Feni, adalah dengan menyerahkan pengajuan bantuan.

“Kalau misalnya kecamatan lain yang tidak ada lumbung membutuhkan bantuan bisa datang kesini. Itu bisa diberikan tapi harus pengajuan dulu,” terangnya.

Lumbung sosial ini sudah membantu masyarakat dalam beberapa kejadian, seperti rumah roboh, kebakaran, rumah ketiban pohon dan rumah longsor. Feni mengungkapkan sebelum ada lumbung sosial, untuk penyediaan bantuan itu harus meminta ijin dari Dinas Sosial Kabupaten Bandung dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan