Luhut Ungkap Penyebab Pasien Covid-19 yang Meninggal

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan penyebab pasien Covid-19 yang meninggal kebanyakan dialami oleh orang yang belum mendapatkan vaksin. Maka dari itu, dia mengimbau kepada masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi Covid-19.

“Saya mohon orang-orang yang menganjurkan jangan vaksinasi, anda yang bertanggung jawab pada komunitas anda jika ada yang meninggal karena tidak di vaksin. Data 69 persen pasien Covid-19 yang belum divaksin. Lansia yang belum vaksin jadi cepat-cepat vaksin,” ujar Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers secara virtual, Senin (7/2).

Dia menjelaskan, sepanjang varian Omicron hadir di Indonesia, dari sebanyak 356 pasien meninggal, 42 persen memiliki komorbid, 44 persen lanjut usia, sebanyak 69 persen pasien Covid-19 belum divaksin lengkap.

“Jadi, yang punya hipertensi, diabetes perlu perhatian. Jangan menyebarkan masukan-masukan tak jelas,” katanya.

Berdasarkan data yang diperoleh, sebanyak 65 persen pasien kasus Covid-19 saat ini bergejala ringan. Bagi yang bergejala ringan maupun tanpa gejala, sebaiknya tidak perlu dirawat di rumah sakit, tapi cukup isolasi mandiri di rumah.

“Kita minta tidak masuk rumah sakit, cukup isoter. Dari data ini dipegang betul dan perhatikan juga orang-orang yang menganjurkan tidak vaksin,” imbuhnya.

Luhut menambahkan, agar masyarakat mau mendengarkan dan melaksanakan imbauan dan perintah pemerintah. Hal tersebut untuk kebaikan, keamanan, dan keselamatan bersama orang-orang yang ada di sekeliling kita.

“Kita bicara data dan keselamatan sekeliling, dari data itu pemerintah ambil kebijakan percepatan vaksinasi dosis 2 lansia dan kelompok rentan lain vaksin booster untuk masyarakat Indonesia,” pungkas Luhut. (jawapos/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan