Penularan Melandai, Spanyol Hapus Kewajiban Penggunaan Masker di Tempat Umum

MADRID – Menteri Kesehatan Spanyol, Carolina Darias, mengatakan pemerintah Spanyol akan hapus aturan kewajiban penggunaan masker di luar ruangan mulai 10 Februari mendatang.

Hal ini karena tingkat penularan Covid-19 di negara tersebut mengalami penurunan. Pemakaian masker kembali diwajibkan di Spanyol pada akhir Desember tahun lalu, untuk membatasi penyebaran varian Omicron.

Kabinet Spanyol berencana menyetujui perubahan aturan hapus kewajiban penggunaan masker tersebut,  saat rapat mingguan yang dijadwalkan pada Selasa (8/2) dan keputusan itu akan mulai diberlakukan dua hari kemudian, Darias mengungkapkan kepada stasiun radio La SER.

“Pemerintah selalu menegaskan aturan itu hanya akan berlangsung selagi sangat diperlukan,” katanya pada jumat (4/2).

Karena selama beberapa hari tingkat penularan menurun, pemerintah menganggap situasinya telah berubah, tambahnya.

Selama dua pekan terakhir, tingkat penularan Covid-19 selama 14 hari terus melandai menjadi 2.421 kasus per 100.000 orang pada Kamis (3/2). Angka itu turun dari hampir 3.400 pada awal Januari.

Kendati antara November sampai Januari terjadi lonjakan kasus akibat penyebaran Omicron, angka pasien baru rawat inap dan kematian Covid-19 masih jauh di bawah angka pada gelombang pandemi sebelumnya.

Kondisi itu sebagian besar dicapai berkat tingkat vaksinasi Spanyol yang tinggi.

Jumlah keseluruhan korban meninggal karena Covid-19 di Spanyol mencapai 94.040 orang dan jumlah kasus mencapai 10,2 juta.

Selain Spanyol, sejumlah negara Eropa juga mulai mencabut penggunaan masker untuk pembatasan Covid-19 dalam beberapa hari belakangan.

Tinggalkan Balasan