Waspada, Covid-19 di Kota Bandung Makin Mengganas, Dua Pekan Meningkat 10 Kali Lipat

BANDUNG – Kasus Penyebaran Covid-19 di Kota Bandung kian mengganas, dalam dua pekan kebelakang mengalami peningkatan drastis hingga 10 kali lipat.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Rosye Arosdiani. Yang mengatakan bahwa peningkatan tertinggi terjadi dalam dua pekan terakhir.

“Jadi dua minggu awal, kasus harian 70. Dua minggu terakhir ini 700 lebih. Berarti peningkatan sudah 10 kali lipat. Dan mayoritas pasien yang terkonfirmasi positif, merupakan orang tanpa gejala (OTG),” ucapnya saat ditemui di Balaikota Bandung, Rabu (2/2).

Peningkatan kasus tersebut, didapat dari masyarakat yang hendak melakukan perjalanan jauh kemudian dilakukan skrining.

“Khusus di Bandung, terjadi peningkatan itu ternyata terbanyak dari skrining perjalanan. Artinya yang akan bepergian kemana, discreening PCR atau rapid tes. Kemungkinan besar tanpa gejala, atau kalau ada gejala hanya gejala ringan,” katanya

Data tersebut, kata Rosye didapat dari hasil pemeriksaan yang dilakukan seluruh laboratorium yang memeriksa dan terinput secara nasional.

Dia menambahkan, kasus Covid-19 pada Selasa 1 Januari kemarin sebanyak 176 dan 50 persen terdeteksi dari pemeriksaan terhadap pelaku perjalanan.

Sementara itu, untuk enam orang pasien yang sempat terpapar Covid-19 varian baru Covid-19 berjenis omicron, saat ini sudah dinyatakan sembuh dan kembali ke rumah masing-masing.

Rosye mengatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan penelusuran terhadap 80, sampai 90 orang yang sebelumnya sempat melakukan kontak erat dengan 6 pasien omicron tersebut.

“Jadi mereka yang melakukan kontak erat turut di tes whole genome sequensing (WGS) dan hasilnya belum keluar, karena hasil WGS dilakukan di laboratorium kesehatan (Labkes) Provinsi Jawa Barat yang membutuhkan waktu satu minggu,” tuturnya

Untuk diketahui, dari data yang dihimpun di halaman Bandung.go.id, untuk kasus konfirmasi aktif Covid-19 di Kota Bandung kini telah mencapai 682 Pasien. Dan untuk konfirmasi sembuh berada di angka 42.321. (Mg4).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan