Ekambi dan Ucapan Rudi Garcia, Kualitasnya Sudah Terbukti

PADA mulanya Karl Toko Ekambi baru saja bergabung ke Olympique Lyon (OL). Sang pemain diangkut oleh sang nahkoda: Rudi Garcia.

Baru saja (lagi) tiga bulan menahkodai tim tersebut, Ekambi menjadi rekrutan pertama Rudi Garcia pada bursa transfer musim dingin tahun lalu.

Garcia berucap, Ekambi merupakan sosok pencetak gol terselubung. Pemain berusia 29 tahun ini bakal terus bermain cemerlang nan gemilang ketika ditempatkan di berbagai posisi.

Entah itu saat mengisi posisi winger (kiri maupun kanan), gelandang kiri, dirinya tetap moncer.

Tak hanya Rudi Garcia, ucapan dan kepercayaannya itu turut diyakini Pelatih Kamerun, Toni Conceicao.

Conceicao seolah mendapatkan kebenaran atas ucapan Garcia tentang Ekambi dalam Piala Afrika 2021.

Yang terbaru, Ekambi yang dimainkan sebagai striker (sebelumnya sebagai winger kiri) sukses memborong dua gol kemenangan The Indomitable Lions atas Gambia dalam semifinal di Stade de Japoma, Douala, kemarin (30/1).

Ketika striker-kapten Kamerun yang telah mencetak 6 gol selama turnamen, Vincent Aboubakar, mendapat pengawal ketat pemain Gambia, Ekambi muncul sebagai pemecah kebuntuan. Ekambi sebelumnya juga menunjukkan produktivitas dengan mencetak 3 gol.

Dengan kata lain, semua gol Kamerun sampai semifinal Piala Afrika 2021 (11 gol) hanya ditorehkan dua nama, Aboubakar dan Ekambi.

”Hanya, aku rasa kami perlu memainkan strategi yang berbeda untuk semifinal karena mereka (Aboubakar maupun Ekambi, Red) pasti sudah menarik atensi lawan kami berikutnya,” beber Conceicao seperti dilansir allAfrica.

Selain Kamerun, tiket semifinal Piala Afrika 2021 kemarin digenggam Burkina Faso. Les Etalons sukses menghentikan laju Tunisia dengan skor 1-0 di Roumde Adjia Stadium, Garoua.

Lawan Burkina Faso di semifinal pada Rabu (2/2) adalah pemenang Senegal versus Guinea Khatulistiwa yang berlangsung dini hari tadi (31/1).

Sementara itu, Kamerun menanti pemenang Mesir kontra Maroko dini hari tadi untuk semifinal pada Kamis (3/2). ”Siapa pun yang akan kami hadapi, lawan kami adalah favorit juara,’’ ucap Ekambi kepada ESPN.

Catatan Ekambi

Dia mengemas koleksi gol (27 gol) maupun umpan gol (18 laga) yang berimbang selama membela OL (total 78 laga).

”Dia adalah prototipe striker modern. Dia tidak hanya terpaku pada satu posisi,” tutur Garcia yang posisinya di OL musim ini telah digantikan Peter Bosz seperti dilansir France Football.  (jp/zar)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan