Fakta Dexamethasone yang Diklaim Efektif untuk Corona

JABAREKSPRES.COM – Virus corona yang menyebabkan terjadinya pandemi secara global masih terus menelan korban. Hingga saat ini bahkan belum ditemukan pengobatan yang bisa mengatasi gejala COVID-19. Namun berbagai harapan muncul, saat sejumlah kandungan dalam obat tertentu diklaim bisa membantu mengatasi gejala COVID-19, salah satunya obat dexamethasone.

Yang bisa dilakukan hanya menekan angka penyebaran virus dan menurunkan gejala, salah satu caranya dalah dengan pemberian vaksin corona.

Pasalnya, beberapa pengidap kritis akibat COVID-19 terobati berkat mengonsumsi obat ini. Sebenarnya apa fungsi dari obat ini dan benarkah obat dexamethasone efektif untuk corona?

Fakta Dexamethasone untuk Corona yang Harus Diketahui

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut bahwa dexamethasone sudah lama digunakan untuk mengurangi peradangan dalam berbagai kondisi, termasuk gangguan peradangan dan kanker tertentu.

Obat ini pun sudah terdaftar dalam WHO Model List of Essential Medicines sejak 1977 dalam berbagai formulasi. Obat ini dijual dengan harga terjangkau dan mudah ditemui, tetapi harus digunakan sesuai resep dokter.

Di tengah pandemi virus corona, ada klaim yang menyebut bahwa konsumsi obat ini bisa membantu meredakan gejala penyakit yang muncul. Namun perlu digarisbawahi, dexamethasone adalah obat antiperadangan.

Jenis obat ini biasa digunakan untuk kondisi tertentu, seperti radang mata, penyakit autoimun, atau alergi.

Sementara itu, COVID-19 adalah penyakit yang terjadi karena infeksi virus, yaitu virus corona. Gejala dari penyakit ini adalah batuk, demam, pilek, hingga sesak napas.

Infeksi virus ini juga bisa menyebabkan pengidapnya mengalami pneumonia bahkan ARDS (acute respiratory distress syndrome) dan membutuhkan alat bantu napas, seperti ventilator.

Nah, sejauh ini WHO merekomendasikan penggunaan dexamethasone untuk corona pada pasien yang mengalami gejala berat, terutama yang harus menggunakan alat bantu ventilator.

Jika gejala penyakit yang dialami semakin parah, sebaiknya segera pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis segera.

Mengenal Lebih Jauh Obat Kegunaan Dexamethasone

Penting untuk mengetahui apa saja kegunaan dari obat dexamethasone, sehingga tidak salah dalam menggunakannya. Berikut ini fakta terkait obat ini seperti yang dikutip dari laman hallodoc, yang perlu diketahui:

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan