Anggota TNI Warga Dayeuhkolot Tewas Dalam Baku Tembak di Papua

DAYEUHKOLOT – Satu anggota TNI tewas dalam baku tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Bukit Tepuk Kampung, Jenggernok, Distrik Gome Kabupaten Puncak, Papua, Kamis (27/1).

Anggota TNI yang tewas dalam baku tembak dengan KKB di Papua tersebut bernama Sertu Anumerta Mochamad Rizal Maulana Arifin. Dia merupakan warga Kampung Bojong Suren RT 01 RW 11 Kelurahan Pasawahan, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung.

Almarhum merupakan satu dari tiga anggota TNI yang gugur dalam baku tembak dengan Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) di Distrik Gome. Korban bertugas di Yonif Raider 408.

Ayah korban, Aca Suhendar, 52, terlihat berusaha tegar mengetahui anak bungsu kesayangannya itu gugur saat bertugas.

“Meski kehilangan, namun saya ikhlas dan bangga anak saya gugur saat menjalankan tugas negara, Insya Allah Syahid,” kata Aca saat ditemui di rumah duka.

Meski berusaha tegar, namun mata Aca Suhendar terlihat berkaca-kaca, ketika dia ingat anaknya akan berulang tahun yang ke 24, Jumat 28 Januari 2022 besok.

“Almarhum berangkat ke Papua bulan Agustus 2021 dan rencananya selesai bertugas nanti Mei 2022 ini,” imbuh Aca Suhendar.

Kapolresta Bandung, Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan, bahwa kedatangannya untuk menenangkan keluarga korban, serta meringankan duka mereka.

“Kami datang ke sini, untuk meringankan duka keluarga korban. Apabila keluarga korban membutuhkan pengamanan disaat pemakaman maka kami siap semaksimal mungkin untuk membantu,” ungkap Kusworo.

Sementara itu, Ibunda korban, Shinta, 49, dan Yolanda yang merupakan tunangan Almarhum, terlihat tidak henti menitikan air matanya.

Meski terus dihibur oleh sanak keluarganya, namun Shinta dan Yolanda tidak henti memanggil nama Almarhum Sertu Mochamad Rizal Maulana Arifin.

Almarhum Sertu Anumerta Mochamad Rizal Maulana Arifin sendiri sudah dua kali bertugas ke Papua yaitu pada tahun 2019 dan 2021.

Hingga Kamis sore, para petugas dari TNI  dan Polri terlihat sibuk mendirikan tenda di sekitar rumah duka. Dari informasi yang dikumpulkan, jenazah Almarhum akan diterbangkan dari Timika dan dijadwalkan tiba di Bandung besok malam.

Rencananya, Almarhum Sertu Anumerta  Mochamad Rizal Maulana Arifin, akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Cikutra Kota Bandung, Sabtu 29 Januari 2022 pagi. (yul)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan