Peran BPD Sangat Penting Bagi Kesejahteraan Warga di Desa

SUMEDANG – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) menjadi peran penting dalam bermitra membangun kemajuan dan berkembangnya desa. Hal itu diungkapkan oleh Analis Kebijakan Ahli Muda pada Direktorat Evaluasi Perkembangan Desa, Kustiyaman.

Menurutnya, Pemerintahan Desa sangat membutuhkan peran kerja sama dengan BPD untuk menunjang kesejahteraan masyarakat.

“Tentu dengan adanya kerjasama yang harmonis antara BPD dengan Pemerintahan Desa, akan lebih menambah baik pelayanan terhadap masyarakat,” kata Kustiyaman kepada Jabar Ekspres di Desa Sayang, Jatinangor, Sumedang pada Selasa (25/1).

Kustiyaman menerangkan, dengan adanya kerjasama antara BPD dan Pemerintahan Desa, maka kenyamanan masyarakat dalam pelayanan akan berdampak positif.

“BPD di sini kerjasama harmonis, saling kendukung, sehingga program yang dijalankan oleh Kepala Desa akan mendapat dukungan,” kata Kustiyaman.

“Tentunya support dan dorongan itu juga (dapat maksimal) dengan didukung oleh lembaga-lembaga masyarakat yang ada di desa,” tambahnya.

Sementara itu, hal senada diungkapkan oleh Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Simon Makarios Aruan.

Simon menyampaikan, sinergitas antara lembaga masyarakat dengan Pemerintahan Desa dapat berdampak terhadap kesejahteraan warga.

“LPM, Karang Taruna lalu tokoh pemuda lainnya memang bersinergi membantu tugas kepala desa dalam mensejahterakan masyarakat,” imbuh Simon.

Oleh karena itu, Simon menegaskan, guna meningkatkan kualitas Pemerintahan Desa guna memberikan kenyamanan pelayanan hingga mensejahterakan masyarakat, pihaknya akan meningkatkan sinergitas antara pusat dengan daerah.

“Ke depannya kami akan bersinergi lagi untuk lebih meningkatkan tata kelola Pemerintahan Desa yang lebih baik di Kabupaten Sumedang,” ucap Simon.

Simon menuturkan, di wilayah Kabupaten Sumedang untuk Pemerintahan Desa sudah menerapkan sistem digital dan menjadi poin lebih dalam pelayanan terhadap masyarakat.

“Mempermudah pelayanan terhadap masyarakat dan juga bisa mempercepat pelayanan,” tutup Simon. (mg5/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan