Sedang Jalani Gaya Hidup Sehat? Begini Tips Belanja Makanannya

Kalian juga bisa membeli bahan makanan untuk kemudian disimpan di freezer. Misalnya ayam, ikan, sosis ayam serta buah dan sayuran beku (mangga, bayam, edamame, brokoli, kacang polong).

Saat berbelanja
Saat berbelanja, ada beberapa hal yang seharusnya menjadi fokus. Pertama adalah membeli makanan utuh yang padat nutrisi. Kemudian belanjalah berdasar daftar belanjaan atau rencana makan mingguan.

Selain itu, hindari membeli makanan hanya berdasarkan kemasannya. Bacalah label gizi dan daftar komposisi yang ada pada kemasan. Terakhir berpegang pada rencana dan berusaha untuk menghindari pembelian impulsif.

Untuk menghindari berbelanja makanan secara impulsif, Kubala menyarankan agar kita berangkat tidak dalam keadaan lapar. Selain itu, saat sudah tiba di toko kalian bisa berkeliling atau fokus di satu sudut yang menyediakan buah-buahan segar, sayuran, protein, dan bahan mudah rusak lainnya.

Kalian tetap boleh berkeliling dari satu lorong ke lorong lain. Tetapi yang perlu diingat, tetaplah fokus untuk memilih makanan sehat dan menghindari makanan olahan. Mulailah mengisi troli dengan buah-buahan, sayuran, protein, dan bahan mudah rusak lainnya, kemudian pindah ke lorong untuk bahan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan makanan kaleng.

Jangan lupa juga untuk membaca label makanan yang tertera di kemasan. Tidak hanya sekadar tanggal kadaluarsa, kalian juga perlu untuk memerika komposisi dan kandungan gizi yang ada dalam makanan kemasan. Misalnya berapa banyak total kalori per sajian, lemak hingga kandungan natrium.

Kandungan gizi yang mungkin perlu lebih diperhatikan adalah kandungan gula tambahan dari suatu makanan. Sebab, konsusmi gula tambahan terlalu banyak dapat membahayakan kesehatan secara keseluruhan dan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, gangguan kesehatan mental dan diabetes tipe 2.

Ketika kalian berbelanja makanan yang biasanya mengandung gula tambahan, misalnya granola atau sereal, Kubala menyarankan untuk memilih produk yang mengandung kurang dari 6 gram (1,5 sendok teh) gula tambahan per sajian. (mainmain.id/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan