Kondisi Lima Warga Bandung Yang Terpapar Omicron Berangsur Membaik

SOREANG – Beberapa hari yang lalu, Kabupaten Bandung dihebohkan dengan adanya kasus omicron yang dialami oleh lima warga Bandung yang terpapar Omicron dalam satu keluarga.

Saat ini, pasien omicron dari perjalanan Afrika tersebut dirawat di RSUD Al-Ihsan, Baleendah, Kabupaten Bandung.

Wakil Direktur (Wadir) Medik Penunjang dan Keperawatan RSUD Al Ihsan, dr. Ferry Achmad Firdaus mengungkapkan, saat ini lima pasien tersebut masih dalam penanganan di RSUD Al-Ihsan. Ferry memberikan update terbaru mengenai kondisi lima pasien warga Bandung yang terpapar omicron tersebut.

“Perkembangannya bagus. Diisolasi dalam satu gedung. Dites kembali sepuluh hari sejak tes pertama, jadi akan dites ulang pada tanggal 14 Januari,” ungkap Ferry saat di konfirmasi, Kamis (13/1).

Dikatakan Ferry, RSUD Al Ihsan saat ini menyediakan 44 ruang isolasi. Jumlah tersebut lebih sedikit dibandingkan beberapa waktu yang lalu, dimana mencapai 200 kamar isolasi.

Kata Ferry, pengurangan jumlah ruang isolasi tersebut dikarenakan saat ini jumlah kasus Covid-19 sedang menurun. Pihak rumah sakit memiliki 24 kamar dengan tekanan negatif, sehingga potensi penularan antar ruangan itu sangat kecil.

“Dari 44 ruang isolasi, saat ini terisi 19 pasien Covid-19 sebanyak 14 orang dan Omicron 5 orang,” kata Ferry.

Selain itu, lanjut Ferry, dalam rangka pelaksanaan pemberian vaksin booster, RSUD Al Ihsan Baleendah menunggu instruksi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung.

Meskipun sejumlah daerah di Indonesia sudah menggelar program vaksinasi tambahan tersebut.

Ferry juga mengatakan dibeberapa daerah vaksin booster sudah diberikan mulai tanggal 12 Januari 2022. Namun memang dalam proses pelaksanaannya dilakukan secara bertahap.

“Booster mulai tanggal 12, sudah dimulai di beberapa daerah, nanti bertahap. Tapi untuk RSUD Al Ihsan menunggu instruksi dari dinas. Saat ini belum ada info (waktu pelaksanaannya),” jelas Ferry.

Menurut Ferry, saat ini dari instansi terkait masih belum mendapatkan dosis vaksinnya. Karena kalau sudah tersedia dosis vaksinnya maka akan segera disalurkan ke lokasi-lokasi yang menjadi sentra vaksinasi Covid-19.

Meski demikian, RSUD Al Ihsan mengaku sudah mempersiapkan segala sesuatunya yang mendukung program pemberian vaksin booster.

“Dinasnya juga belum ada vaksinnya, kalau sudah ada vaksin pasti sudah di salurkan. RSUD Al Ihsan sudah siap, mau anak, booster, ibu hamil,” paparnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan