Setiawan Wangsaatmaja Minta BUMD Harus Buat Program yang Selaras dengan Pembangunan di Jabar

BANDUNGSekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, keberadaaan Badan Usaha Miklik Daerah (BUMD) Jawa Barat (Jabar) memiliki peran penting untuk membantu program-program pembangunan di Jawa Barat.

Sehingga, perlu sinergi untuk menyeleraskan program agar sejalan dengan cita-cita Jabar Juara Lahir dan Batin.

Hal Ini dikatakan Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja saat rapat bersama para Direktur BUMD, Tim Penasihat Investasi Pemerintah Provinsi (PIPP) Jabar, dan para perangkat kerja terkait, di Kantor Bapeda Jabar, di Kota Bandung, Jumat (7/1).

Menurut Setiawan Wangsaatmaja, keberadaan BUMD harus memiliki tujuan yang selaras dengan program pembangunan yang ada di Jabar.

‘’Salah satu referensi BUMD mengarah ke sana (Program Pembangunan Jabar),” ujar Sekda Setiawan Wangsaatmaja.

Dengan begitu, Sekda Jabar mengajak kepada seluruh unsur BUMD untuk membuat rencana kerja bersama.

Dia mengatakan, saat ini sudah ada penyederhanaan birokrasi dengan mekanisme kerja Team of Teams (ToTs).

‘’Dalam ToTs, pekerjaan dilakukan berbasis penugasan tim baik dalam organisasi ataupun lintas organisasi,’’katanya.

Iwan Wangsaatmaja menegaskan, Sehingga tugas dikerjakan sesuai dengan ‘core business’. Dengan kata lain, penugasan dilakukan sesuai basis keahlian yang dimiliki oleh pegawai.

Pemdaprov Jabar bersama BUMB harus selaras dengan membuat rencana kerja bersama. Terlebih saat ini sejak penyederhanaan birokrasi, pihaknya telah membuat Team of Teams.

‘’Team of Teams ini merupakan langkah kerja untuk berhubungan kerja ASN yang nantinya bisa akan melibatkan BUMD,” tutur Setiawan Wangsaatmaja.

Selain itu, BUMD-BUMD harus segera memiliki koneksi dengan lembaga keuangan. Sehingga dengan dukungan keuangan ini perencanaan bisa dijalankan.

Alignment Meeting antara lembaga keuangan dan pelaku usaha adalah salah satu kunci. Kita perlu sinergi keuangan antar BUMD.

‘’Saya rasa ini adalah langkah- langkah yang baik,” cetusnya.

Setiawan wangsaatmaja berharap pertemuan ini harus ada tindaklanjut dengan merumuskan masalah teknis dengan topik yang sudah terencana dan tersusun baik.

BUMD juga harus memiliki konsistensi dari para pihak untuk menjalankan program- program yang dirancang.

Untuk itu Setiawan Akan mendorong Tim Penasihat Investasi Pemerintah Provinsi ( PIPP ) untuk terus mengawal setiap proses bisnis yang dijalankan BUMD.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan