Ini Juara Lomba Inovasi Kelurahan Layak Anak di Kota Depok

DEPOK – Tiga kelurahan di Kota Depok menyabet penghargaan dalam ajang Inovasi Kelurahan Layak Anak Tahun 2021.

Keberhasilan ketiga kelurahan peraih juara Lomba Inovasi Kelurahan Layak Anak Tahun 2021 tidak terlepas dari serentetan inovasi yang berhasil dilakukan dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), Nessi Annisa Handari mengungkapkan, ketiga kelurahan peraih juara Lomba Inovasi Kelurahan Layak Anak Tahun 2021 antara lain Kelurahan Pengasinan, Pondok Petir (Pontir) dan Depok Jaya.

“Ketiga kelurahan masing-masing meraih juara pada ajang Lomba Inovasi Kelurahan Layak Anak Tahun 2021. Untuk Juara III, diraih oleh Kelurahan Pengasinan, Juara II diraih Pondok Petir dan Juara I didapatkan oleh Depok Jaya,” katanya.

Nessi menuturkan, prestasi yang berhasil diraih oleh ketiga kelurahan berkat inovasi yang dilakukan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kita contohkan inovasi yang dilakukan Kelurahan Pengasinan selaku peraih Juara III, yang memiliki inovasi Posyandu Inklusif yakni Posyandu yang di dalamnya melakukan deteksi dini untuk anak berkebutuhan khusus (ABK) beserta pemberian keterampilan untuk para orangtua dalam mengasuh anak spesial di rumah dengan program-program terapi,” paparnya.

Tidak hanya itu, dia juga menyebut Posyandu Inklusi ini merupakan upaya pemenuhan indikator klaster 3 yaitu Kesehatan dan Kesejahteraan Dasar.

Berikutnya, inovasi yang terdapat di Kelurahan Pontir sebagai peraih juara II, yang mana memiliki inovasi Gerakan Belajar Di Rumah Bersama Ayah Bunda (Gajah Mada).

“Program ini menjawab kebutuhan anak-anak akan pendampingan orang tua dalam proses belajar di rumah selama pandemi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Nessi mengatakan, melalui inovasi itu anak-anak dapat belajar dengan bahagia sehingga meningkatkan kemampuan belajarnya dan mengurangi kebosanan selama belajar di rumah.

“Gajah Mada merupakan upaya pemenuhan indikator di klaster 2 yaitu Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif,” ucapnya.

Terakhir, peraih peringkat pertama, Kelurahan Depok Jaya. Inovasi yang dilakukan yakni berupa inovasi Pondok Konseling Depok Jaya (Ponsel DJ), yaitu lembaga konsultasi keluarga secara online.

“Program ini menjawab kebutuhan para keluarga yang memerlukan konsultasi dalam upaya membangun ketahanan keluarga dan memberikan pengasuhan terbaik untuk anak-anak,” terangnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan