Puting Beliung Terjang Puluhan Rumah Dan Satu Mushola Ambruk Di Cianjur

CIANJUR – Angin puting beliung disertai hujan deras yang menerjang Desa Cimanggu Minggu (26/12) sore mengakibatkan puluhan rumah didesa tersebut rusak.

Peristiwa mengamuknya angin puting beliung tersebut terjadi sekitar pukul 15.00 Wib, dimana warga banyak yang berada didalam rumah karena hujan deras.

Saat mengetahui atap rumah mereka dihantam angin puting beliung dan genteng berterbangan, warga menjadi panik dan keluar rumah meyelamatkan diri.

Camat Cibeber, Epi Rusmana, mengatakan, bencana ini  terjadi setelah hujan berintensitas tinggi mengguyur kawasan itu sejak siang hingga sore.

“Akibat kejadian itu sejumlah rumah warga dibeberapa kampung di Desa Cimanggu rusak. Tidak hanya itu sejumlah fasilitas umum, seperti musala dan pos keamanan lingkungan pun rusak,” ujarnya.

Dari hasil pendataan sementara, ada sebanyak 20 rumah warga yang rusak ringan, dan sedang serta satu musala ambruk.

“Bangunan sebagian besar mengalami rusak pada bagian atap, dan gentingnya yang berterbangan terbawa angin puting beliung. Selain itu, ada juga bangunan yang rusak tertimpa pohon tumbang,” ungkap dia.

Dia mengatakan, pihaknya dan sejumlah petugas gabungan hingga saat ini masih melakukan penyisiran kesejumlah lokasi yang terdampak angin puting beliung.

“Proses evakuasi, cukup terkendala dengan banyaknya pohon tumbang yang menghalangi jalan menuju lokasi kejadian, Sejumlah personel gabungan, masih berjibaku untuk melakukan evakuasi,” ucap dia.

Epi menanbahkah, saat ini sejumlah warga tengah melakukan perbaikan bagian rumahnya masih-masing. Sedangkan petugas gabungan tengah evakasi pohon yang tumbang.

Tidak ada laporan korban jiwa maupun luka dalam peristiwa tersebut. Hanya saja warga mengalami kerugian hingga jutaan rupiah. (rdr/rit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan