Dukung Bank Sampah, IBH Ajak Warga Jaga Lingkungan

DEPOK – Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono atau yang akrab disapa IBH menyatakan komitmennya mendukung Bank Sampah di Depok sebagai wujud menjaga lingkungan sekitar.

“Mari sama-sama kita jaga lingkungan dan dukung semua program bank sampah di Depok,” ungkanya, Senin (27/12).

Menurut Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Depok itu, menjaga lingkungan bukan semata-mata tanggung jawab perseorangan, melainkan tanggung jawab bersama.

Untuk itu, dalam rangka menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar, dirinya meminta masyarakat agar terus berperan aktif mengatasi masalah sampah yang selama ini menjadi permasalahan klasik di Kota Petir itu.

“Untuk menjaga lingkungan sekitar, masyarakat harus berperan aktif dalam mengatasi permasalahan sampah, mulai dari memilah sampah hingga mengolahnya menjadi nilai ekonomis, mengingat sampah bukanlah musibah tapi barokah yang dapat menghasilkan ekonomi,” katanya.

Terkait pengelolaan Bank Sampah sendiri, dirinya sangat meyakini bahwa keberadaan bank sampah di wilayah harus terus ditingkatkan karena memiliki peranan penting dalam mengatasi permasalahan lingkungan.

IBH lebih lanjut menuturkan, dalam upaya pengelolaan Bank Sampah perlu melibatkan banyak unsur, terutama dalam hal ini unsur Pentahelix.

Pentahelix sendiri merupakan unsur kolaboratif partisipan dalam konsep pembangunan mutakhir yang melibatkan pemerintah, komunitas, media, akademisi, dan bisnis.

“Harapannya dalam upaya mendukung program Bank Sampah mengatasi permasalahan lingkungan di Depok ini dapat terjalin kerja sama antar unsur pentahelix,” ucapnya.

Dengan dukungan dari Pentahelix, kata dia, diharapkan bisa mempercepat perbaikan lingkungan melalui keberadaan bank sampah.

“Selain itu tentunya harus ada dukungan dari masyarakat yang harus digerakkan dari tingkat RW agar bisa maksimal dalam mewujudkan Zero Waste City,” pungkasnya. (mg2/zar)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan