oleh

Kembali Menggeliat, Ekspor Keramik Plered Alami Peningkatan

PURWAKARTA – Dibukanya kembali pasar ekspor keramik memberikan angin segar bagi para pengrajin keramik Plered, meski belum mampu mengekspor seperti sebelum terjadi pandemi, namun angka produksi dan jumlah permintaan dari luar negeri mengalami kenaikan.

Jumlah ekspor keramik selama 2021 mengalami peningkatan dibandingkan 2020. Hal tersebut berdasarkan catatan UPTD Sentra Keramik Plered, Kabupaten Purwakarta.

Kepala UPTD Sentra Keramik Plered, Kabupaten Purwakarta, Mumun Maemunah mengatakan, selama 2021 ekspor keramik fungsi dan hias sebanyak 19 kontainer. Sementara itu di tahun 2020 laju ekspor keramik ke luar negeri hanya 11 kontainer.

“Jadi tahun ini ada peningkatan, meski jumlahnya tidak seperti 2019 yang mencapai 61 kontainer,” kata Kepala UPTD Sentra Keramik Plered, Kabupaten Purwakarta, Mumun Maemunah, Rabu (22/12/21).

Lanjut Mumun, pada 2021 kran ekspor kembali dibuka sehingga sedikit ada peningkatan, para pelaku eksportir kerajinan tangan terbuat dari tanah liat ini kembali produksi dan roda ekonomi kembali bangkit.

“Capaian 2020 dapat dikatakan sedikit mengingat Indonesia pada akhir 2019 dilanda bencana nonalam, yakni merebaknya wabah virus corona yang berdampak pada perekonomian masyarakat, termasuk ekspor kramik ke luar negeri,” ungkap Mumun.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.