Kejar Herd Immunity, Dinkes Jelaskan Presentase Vaksinasi di Sumedang

SUMEDANG – Menjelang akhir 2021, capaian vaksinasi di Kabupaten Sumedang mencapai pada angka 70 persen. Capaian 70 persen itu bertujuan supaya Kabupaten Sumedang dapat membentuk herd immunity atau kekebalan komunal, sehingga aktivitas masyarakat tak terlalu diawasi secara ketat.

Sebab dengan terbentuknya herd immunity atau kekebalan komunal di satu wilayah, maka warga yang tak bisa divaksin karena penyakit penyerta dapat lebih tenang alias penyebaran virus Covid-19 bisa terminimalisir.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (P2P Dinkes) Sumedang, dr Reny K Anton menyampaikan, sampai sekarang capaian herd immunity masih diupayakan secara maksimal.

Pasalnya, Reny menjelaskan untuk saat ini capaian vaksinasi Kabupaten Sumedang baru menginjak angka 64,76 persen untuk yang sudah divaksin tahap dua.

“Yang sudah divaksin tahap satu itu 74,22 persen ada 685 ribu 168 jiwa,” kata Reny melalui pesan singkat, Senin (20/12).

“Kalau buat yang vaksin tahap dua ada di 64,76 persen dengan jumlah 597 ribu 878 jiwa yang sudah divaksin,” tambahnya.

Reny menerangkan, target capaian vaksinasi tersebut mencakup tenaga kesehatan, petugas publik, lansia, masyarakat rentan dan umum serta remaja.

Dalam pemaparannya, Reny menuturkan, meski saat ini target kekebalan komunal masih belum tercapai, Kabupaten Sumedang optimis akhir tahun herd immunity dapat terbentuk.

“Keseluruhan target total capaian vaksin di Sumedang ada 923 ribu 200 jiwa. Vaksinasi tetap dioptimalkan,” tutup Reny. (mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan