Pemdaprov Jabar Salurkan Bantuan Bencana Rp2 Miliar untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

BANDUNGBantuan Bencana senilai Rp 2 Miliar dikirimkan oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat (Pemdaprov Jabar) untuk meringakan beban para korban erupsi Gunung Merapi.

Bantuan Bencana tersebut diberikan dalam bentuk barang senilai Rp900 juta yang dikirim langsung dengan menggunakan kendaraan truk yang dilepas oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil

Sedangkan sisanya sebesar Rp1,1 miliar dalam  bentuk uang untuk Bantuan Bencana akan disalurkan oleh Lazis Muhammadiyah.

‘’Bantuan Bencana ini berasal dari berbagai elemen masyarakat Jawa Barat. Alhamduilillah terkumpul Rp2 miliar,’’kata Gubrnur Jabar Ridwan Kamil dalam sambutannya ketika melepas bantuan ke Kabupaten Lumajang, Raby, Malam, (8/12).

Menurutnya, bantuan bencana yang diberikan berupa barang – barang kebutuhan yang sifatnya mendesak. Bantuan sengaja dibelanjakan di Kota Bandung agar mudah di dapatkan.

‘’Jadi yang Rp1,1 miliar dalam bentuk uang yang nanti akan dikerjasamakan penyalurannya oleh Lazis Muhammadiyah,” katanya.

Pemda Provinsi Jabar juga juga telah mengirimkan 180 relawan berkeahlian dari Jabar Quick Response dan saat ini sudah bekerja di lokasi pengungsi, disusul 24 relawan sebagai gelombang kedua.

Kang emil Sapaan Akrab Guburnur Jabar juga berpesan, Warga Jawa Barat tentunya sangat berduka dengan musibah yang dialami masyarakat disekitar Gunung  Semeru.

‘’Salam doa dari kami semua, dari tanah Jabar, semua memantau dengan rasa prihatin dan juga rasa ingin membantu malam ini kami mengirimkan senilai Rp2 miliar untuk pengungsi, kebetulan bekerja sama berbagai pihak, utama nya dengan Lazis Muhammadiyah,” katanya

Gubernur mengatakan Pemda Provinsi Jabar siap terus menyalurkan bantuan untuk Kabupaten Lumajang, dan akan terus membantu para korban bencana juga akan terus memberikan dukungan

“Intinya kami membersamai dalam doa dalam bantuan nyata. Jika ada apa- apa kontak Pemda Provinsi Jabar saja, insyaallah semua warga Jabar menyayangi warga Lumajang jadi kami bantu sampai nanti tahap rekonstruksi,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir berharap para kepala daerah memiliki kerja sama yang bagus dengan daerah lain. Salah satunya terwujud melalui solidaritas yang tinggi dalam membantu penanganan bencana.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan