Manfaat Mangga Untuk kesehatan Tubuh, Juga Bagus Untuk Diet

BUAH  mangga, sering kali kita jumpai penjualnya berderet dipinggir jalan. beragam jenis buah mangga, namun yang paling banyak dijual adalah jenis mangga harum manis. Selain sebagai buah, mangga juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Apapun jenis mangganya, kandungannya hampir sama, tergantung dari tingkat keasamannya dan kematangannya. Buah asam manis ini juga memiliki kandungan tembaga (copper), kalsium, zat besi, serta antioksidan seperti zeaxanthin dan betakaroten.

Tetapi ada hal yang kerapkali tidak disadari adalah, bahwa buah yang satu ini memberikan beragam manfaat untuk kesehatan, apabila dilihat dari sisi medis.

Berdasar dari WebMD, buah mangga ini sangat cocok untuk mereka yang sedang diet dan dalam proses menurunkan berat badan.

Buah Mangga dikenal memiliki kandungan yang kaya akan serat. Dari 100 kalori yang dihasilkan, buah mangga dapat memberikan efek yang mengenyangkan.

Hal tersebut menurut ahli, dihasilkan dari kandungan 3 gram serat yang terkandung di setiap buahnya.

Tak hanya itu, mengkonsumsi mangga juga dipercaya bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, yang esensial untuk terhindar dari penyakit.
Lalu, kesehatan gusi dan gigi, juga merupakan salah satu khasiat dari buang mangga.

Berikut manfaat lain dari buah mangga untuk tubuh, seperti dilansir dari laman hellosehat.

1. Menjaga kesehatan rambut dan kulit
Mangga mengandung vitamin A dan vitamin C harian untuk tubuh. Kombinasi keduanya menghasilkan kolagen. Kolagen merupakan protein khusus yang memberikan serta menjaga elastisitas kulit guna mencegah kulit berkeriput dan mengendur sebelum waktunya.

2. Menurunkan tekanan darah
Makan makanan manis sering menjadi penyebab gula darah naik. Namun, hal ini berbeda dengan efek yang dihasilkan oleh buah mangga.
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti Oklahoma State University menunjukkan bahwa, kadar gula darah orang-orang yang memiliki berat badan berlebih menjadi berkurang setelah rutin makan mangga dalam waktu tertentu.

Para partisipan ini diminta untuk rutin makan 10 gram mangga kering setiap hari, yang kadar gulanya setara dengan sekitar setengah mangga segar.
Penurunan kadar gula darah ini diduga menjadi efek dari senyawa aktif dan antioksidan khusus dalam buah tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan