Menpora Sebut Jabar Diutamakan dalam Desain Besar Olahraga Nasional

BANDUNG – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyebut Provinsi Jawa Barat menjadi salah satu daerah yang diutamakan dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Menurutnya DBON merupakan salah satu komitmen Presiden Joko Widodo untuk memajukan olahraga nasional. Hal itu pun telah tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 tentang DBON.

“Jabar merupakan salah satu sentra yang akan dibangun atau ditentukan Desain Besar Olahraga Nasional sampai sentra-sentra lain,” kata Zainudin di Bandung, Jawa Barat, Selasa (16/11).

Daerah Jawa Barat menurutnya telah terbukti melahirkan beragam atlet yang potensial dalam berbagai cabang olahraga. Hal itu pun terbukti dalam gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) yang telah usai digelar pada Oktober 2021 lalu.

“Terbukti di PON tekad untuk mengokohkan Jabar Kahiji itu tercapai menjadi nomor satu. Alhamdulillah tercapai itu dan tentu kolaborasi dengan pemerintah pusat,” ucapnya.

Dia menjelaskan target dari DBON itu yakni meningkatkan budaya olahraga di tengah masyarakat. Karena kunci dari kesehatan jasmani menurutnya adalah kebugaran.

Selain itu, DBON juga ditargetkan dapat membantu tujuan pembangunan sumber daya manusia yang sehat, tangguh, dan unggul.

Lalu, upaya pemerintah itu juga diharapkan dapat meningkatkan produktivitas untuk meningkatkan prestasi para atlet baik di kancah regional, hingga tingkat internasional.

Untuk bisa tercapai, menurutnya hal tersebut membutuhkan kolaborasi seluruh pihak, baik dari pemerintah daerah hingga pemerintah pusat. Selain itu kolaborasi tersebut tidak bisa bergulir optimal apabila tidak ada kolaborasi seluruh pihak di sektor olahraga seperti para pengurus cabang olahraga, dan yang lainnya.

“Jadi kalau kita prestasi sendiri-sendiri, maka prestasi tidak akan tercapai, produktivitas tak akan maksimal,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan DBON ini merupakan dambaan pihaknya untuk bisa didukung dengan payung hukum guna berinovasi ke arah olahraga nasional yang lebih baik.

Menurutnya Pemerintah Provinsi Jawa Barat memang fokus terhadap olahraga dengan mempersiapkan pembinaan dari hulu hingga ke hilir.

“Kenapa olahraga kita fokus, karena Jawa Barat ingin mengejar Jabar Juara, pembangunannya sekarang sedang dipercepat, dan di sini dibutuhkan masyarakat sehat. Kita tahu bahwa akal sehat membutuhkan badan yang selamat,” ujar Uu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan