Menaker : Ijazah Bukan Satu-Satunya Syarat Memperoleh Pekerjaan

JAKARTA – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan, masih banyak penduduk Indonesia yang tingkat pendidikannya di bawah jenjang SMP. Karenanya, ijazah bukan satu-satunya sebagai syarat yang dibutuhkan untuk memperoleh pekerjaan.

Dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Menaker Ida mengungkapkan, pemerintah memikirkan acuan dalam mendapatkan pekerjaan tidak harus bergantung dengan ijazah.

Menurutnya, mendorong kompetensi SDM menjadi satu-satunya cara menyikapi banyaknya angkatan kerja dengan latar belakang pendidikan tingkat rendah.

Bagi masyarakat yang hanya memiliki ijazah SD atau SMP, dapat ditingkatkan kapasitasnya atau kompetensinya melalui skilling, upskilling, dan reskilling, kemudian distandarisasi dengan sertifikasi.

“Kalau ini bisa kita lakukan mungkin sekarang dan kedepannya ijazah menjadi tidak begitu berarti kecuali untuk kepentingan yang lainnya, karena seseorang itu diukur karena kompetensinya,” Paparnya.

Ida menuturkan, saat ini pihaknya sedang menyelesaikan rancangan peraturan presiden terkait pendidikan dan pelatihan vokasi. Nantinya, rancangan perpres tersebut akan menjadi payung Kemnaker untuk memimpin pelatihan vokasi.

Sedangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi akan memimpin pendidikan vokasinya. Meski begitu, dirinya mengakui pentingnya pendidikan formal. Sebab, itu menjadi salah satu tolok ukur Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs). Untuk memenuhi itu, mereka yang cuma lulus SD atau SMP bisa mengejar Paket C (setara SMA).

Namun, angkatan kerja lulusan SD atau SMP yang usianya sudah tidak muda lagi tidak dapat dipaksa untuk menempuh pendidikan formal. Jadi, alternatifnya adalah peningkatan kompetensi dengan pelatihan vokasi. “Maka yang diperlukan sekarang adalah bagaimana ruang kosong itu diisi dengan kompetensi yang kita berikan. Jadi, nggak apa-apa lulus SD, nggak apa-apa lulus SMP tapi mereka memiliki kompetensi,” pungkasnya. (jpg)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan