Perpustakaan dan Peradaban Bangsa

Oleh: Ateng Kusnandar Adisaputra

Perpustakaan tidak dapat dilepaskan dari perkembangan masyarakat, kondisi perpustakaan mencerminkan tingkat peradaban dan budaya suatu bangsa. Tinggi rendahnya peradaban dan budaya suatu bangsa dapat dilihat dari kondisi perpustakaan yang dimiliki. Perpustakaan mempunyai peranan yang sangat penting dalam kemajuan pola pikir suatu bangsa.

Perpustakaan merupakan barometer kemajuan suatu bangsa. Maju mundurnya suatu bangsa dapat dilihat dari perpustakaannya, karena perpustakaan merupakan salah satu pranata sosial yang diciptakan, digunakan dan dipelihara oleh negara dan masyarakat.

Bisa kita lihat, perpustakaan di negara-negara maju seperti Inggris, Amerika Serikat, Selandia Baru, Jerman, dan Kanada, perpustakaan mendapat tempat istimewa. Negara-negara tersebut, menyadari betapa pentingnya keberadaan dan kontribusi perpustakaan bagi kemajuan peradaban bangsanya dalam berbagai aspek kehidupan.

Hampir semua keluarga di negara maju memiliki perpustakaan sendiri di rumah masing-masing. Makanya tingkat kebiasaan membaca telah menjadi suatu kebutuhan dan membudaya dikalangan warganya.

Di Ibu Kota Selandia Baru, Wellington, apabila memasuki civic center, maka akan mendapatkan bangunan perpustakaan publik yang cukup megah dengan arsitektur futuristik yang dikelola dengan sangat profesional. Di perpustakaan ini para pemustaka dapat meminjam buku, majalah, tabloid, CD, VCD, dengan sangat mudah.
Perpustakaan memiliki kontribusi besar dalam membangun masyarakat berpengetahuan (knowledge society).

Membangun masyarakat yang menyadari akan pentingnya literasi berarti telah membangun peradaban. Membahas soal peradaban suatu bangsa, maka kita akan melihat bagaimana kehidupan masa lalu, masa sekarang, dan berhubungan dengan kehidupan masa depan.

Bila kita simak pendapat penulis terkenal Prancis, “Milan Kundera”, yang mengatakan “Jika ingin menghancurkan sebuah bangsa dan peradabannya, hancurkan buku-bukunya, maka pastilah bangsa itu akan musnah.”. Pendapat Milan Kundera ini menyakinkan kita bersama bahwa perpustakaan memiliki peran yang strategis dalam menjaga, memelihara, dan mengembangkan peradaban suatu bangsa.

Karena melalui berbagai koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam, yang disimpan, dihimpun, dan dibaca oleh para pemustaka atau masyarakat, berbagai bentuk peradaban bangsa itu didokumentasikan, bahkan terus dilakukan pengkajian, penelitian, serta pengembangan untuk kepentingan kemajuan bangsa di masa depan yang penuh dengan ketidak pastian.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan