Antisipasi Pohon Tumbang di Musim Penghujan, BPBD Sumedang Siapkan Hal Ini

SUMEDANG – Berbagai antisipasi di musim penghujan siap dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang.

Salah satunya BPBD berencana melakukan pemangkasan pohon-pohon besar berusia tua yang berdiri di pinggir jalan.

Hal itu bertujuan sebagai antisipasi terhadap musibah pohon tumbang, sebab dikhawatirkan dapat membahayakan masyarakat.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Kabupaten Sumedang, Adang menyampaikan, pemangkasan pemotongan pohon tua berusia tua yang berdiri di pinggir-pinggir jalan akan dilakukan dengan berkolaborasi bersama pihak-pihak terkait.

“Pemangkasan pohon tua merupakan kegiatan sinergitas untuk mengantisipasi masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan,” kata Adang kepada Jabar Ekspres melalui panggilan telepon, Jumat (12/11).

“Sehingga hal ini merupakan antisipasi dini dalam mencegah terjadinya sesuatu hal yang tidak diinginkan,” tambahnya.

Adang berujar, saat ini sejumlah pohon besar berusia tua di wilayah Sumedang bagian kota sudah diipentarisir sebanyak 14 pohon.

“Yang harus segera dieksekusi ada 11 dan saat ini sudah dipersiapkan tim gabungan terdiri dari LH, BPBD, TNI, Polri serta pihak terkait lainya,” pungkas Adang.

Dalam pemaparannya, Adang menuturkan, apabila masyarakat terjebak oleh derasnya hujan bahkan disertai angin kencang, maka langkah baiknya agar tidak berteduh dekat pohon besar.

“Sebaiknya berteduh di tempat yang aman untuk menghindari pohon tumbang di jalan,” imbuh Adang.

“Terlebih, sejauh ini pemerintah daerah bersama pihak terkait sudah melakukan upaya antisipasi bencana yaitu dengan persiapan pasukan dan pengecekan segala peralatan sudah dilakukan dalam menghadapi bencana,” tambahnya.

Adang juga menambahkan, pihaknya siap menerima laporan dari masyarakat jika mengalami permasalahan terkait kebencanaan di wilayah Kabupaten Sumedang untuk disiagakan pertolongan. (mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan