Rektor UPN Veteran Jakarta Puji Strategi Rektor UTama

Rektor UPN Veteran Jakarta Puji Strategi Rektor UTama

BANDUNG – Universitas Pembangunan Nasional  (UPN) Veteran Jakarta menjalin kerjasama dengan Universitas Widyatama (UTama) di bidang publikasi jurnal internasional. Pertimbangannya, UPN Veteran Jakarta menilai UTama menjadi kampus yang sudah mahir dan cukup populer dalam mempublikasi jurnal internasional.

“Tentunya kami bangga bisa menjalin kerjasama ini dengan UTama,” ujar Rektor UPN Veteran Jakarta Dr. Erna Hernawati, AK., CPMA., CA., saat memberikan sambutan pada kegiatan penandatangan MoU dengan UTama di Auditorium Bhineka Tunggal Ika, Lantai IV, Gedung Rektorat Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (4/11/2021).

Penantanganan MoU ini merupakan lanjutan dari kerjasama sebelumnya di Kampus UTama, Jalan Cikutra No 204 A, Kota Bandung, antara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UPN Veteran Jakarta dengan FISIP UTama.

Sedangkan kerjasama yang dilakukan di UPN Veteran Jakarta, Jalan RS Fatmawati, Pondok Labu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, tentang publikasi jurnal internasional.

“Karena kita mendengar prestasi UTama luar biasa terkait dengan kinerja penelitiannya,” kata Erna.
Erna pun kagum atas capaian prestasi UTama yang terus berkembang saat ini.

Dirinya melihat, prestasi UTama, di antaranya dari capaian ranking UTama yang menduduki posisi ke-57 perguruan tinggi terbaik se-Indonesia versi Kemenristekdikti atau Kemendikbud Ristek sekarang, (diumumkan, Selasa 18 Agustus 2020). Sebelumnya (tahun 2019) berada pada posisi 95, disaat Prof Obi belum menjadi Rektor UTama, ada di posisi 225 (tahun 2018). Tahun 2021 perankingan perguruan tinggi dari Kemendikbud Ristek belum ada pengumannya.

Di samping itu, Erna juga kagum terhadap capaian publikasi artikel jurnal para dosen UTama yang terpublikasi pada jurnal internasional bereputasi tinggi.

“Memang masalah penelitian menjadi masalah di UPN Veteran Jakarta. Jadi kita ingin mendengar strategi penelitian dari Pak Rektor UTama (Prof Obi) untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas dari penelitian dosennya seperti apa,” imbuhnya.

Setelah MoU itu teknisnya, para dosen UPN Veteran Jakarta akan mengajukan hasil penelitian.

“Tadi Pak Rektor tadi memberikan strategi penelitiannya seperti apa. Nanti dikirimkan ke UTama untuk ikut konferensinya. Lalu dilakukan penyempurnaan terhadap paper (artikel jurnal) dosen kami. Kemudian dipublikasikan di jurnal yang telah menjadi mitra UTama. Hal itu berpengaruh terhadap perankingan,” kata Erna.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan