Sosok KH Juhadi Muhammad Layak Pimpin NU Jawa Barat

BANDUNG – Nama KH Juhadi Muhammad mencuat jelang pelaksanaan Konferensi Wilayah (Konferwil) Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Barat.

Konferwil akan dihelat pada Sabtu (30/10) di Bandung. Sejumlah nama bakal calon (balon) ketua PW NU Jabar mulai bermunculan.

Dari sekian balon yang muncul, Ketua Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Indramayu KH Juhadi Muhammad SH dinilai paling layak menjadi pemimpin NU Jabar.

Selain ulama kharismatik, pria kelahiran Desa Karanganyar Kecamatan Pasekan, Kabupaten Indramayu tersebut, sudah tiga periode memimpin organisasi berbasis NU.

Sosoknya dikenal dermawan dan pekerja keras dalam hidupnya. Jiwa kewirausahaannya patut dijadikan inspirasi bagi generasi muda Islam di Jabar. Pasalnya, pria low profile ini sukses dalam bidang perikanan.

Sehingga wajar saja bila organisasi NU di bawah kepemimpinanya mengalami kemajuan yang cukup signifikan.

Saat ini, NU Indramayu sudah memiliki gedung dakwah, masjid dan kantor yang begitu megah. Dia membangun sendiri tanpa harus ada donatur. Melalui tangan dinginnya, organisasi NU yang dipimpinnya sudah memiliki perguruan tinggi.

Nama perguruan tingginya adalah Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah dan Komunikasi (STIDKI) dengan dua progam studi. Yakni ilmu dakwah dan komunkiasi Islam.

Dalam kiprahnya, KH Juhadi banyak menerima penghargaan. Baik tingkat regional maupun nasional di bidang lingkungan hidup dan perikanan. Termasuk dari Presiden RI, Megawati Sokernoputri dan Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Alumnus pesantren Lirboyo itu memang memiliki jiwa wirausaha sejak kecil. Tak heran jika sekarang dia menjadi seorang pengusaha muda yang sukses di bidang perikanan meliputi tambak udang yang membentang luas di Desa Karanganyar, Indramayu.

Belum hilang dari ingatan, kiai kharismatik Kota Mangga ini kembali mendapatkan penghargaan. Dia dinilai sukses dalam bidang pengembangan organisasi kemasyarakatan (Ormas).

Penghargaan bergengsi ini diberikan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Himpunan Penyelenggara Pelatihan dan Kursus Indonesia (HIPKI).

Meski dibilang sukses di usaha tambak udang, ketua Himasal (Himpunan Alumni Santri Lirboyo) Tingkat Provinsi Jabar, tetap low profile dengan sarung dan pecinya.

Melihat kiprahnya KH Juhadi, tak heran apabila namanya digadang-gadang untuk jadi Ketua PW NU Jabar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan