Tingkatkan Literasi Digital, Jaringan 4G XL Axiata Jangkau 95 Persen Desa di 5 Kabupaten/Kota di Cirebon Raya

BANDUNG- Salah satu provider telekomunikasi, yakni PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus mendorong ketersediaan jaringan 4G di lima wilayah kota/kabupatan di Cirebon Raya, Jawa Barat.

Di area yang juga dikenal dengan sebutan Ciayumajakuning (Kota dan Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka, hingga Kuningan) tersebut, saat ini jaringan 4G XL Axiata telah menjangkau 95 persen dari total 1.343 desa yang ada, dengan mengoperasikan lebih dari 1.300 BTS 4G.

Group Head Central Region XL Axiata, Bambang Parikesit mengatakan, Cirebon Raya menjadi salah satu wilayah yang menjadi perhatian utama di Jawa Barat karena menyimpan potensi ekonomi yang besar.

“Oleh karena itu, XL Axiata akan terus memperkuat jaringan 4G di area ini agar bisa turut mendorong peningkatan literasi digital bagi masyarakat yang bermukim hingga desa-desa pelosok”, ungkap Bambang dalam keterangan resminya, Kamis (28/10).

Jaringan internet yang berkualitas dan literasi digital yang terus meningkat akan mendorong produktivitas serta membantu masyarakat beradaptasi dengan berbagai sarana ekonomi digital.

Menurut Bambang, dari total 1.343 desa di lima kota/kabupaten tersebut, jaringan 4G XL Axiata sudah tersedia di sekitar 1.300 desa. Sebanyak 60 desa di antaranya merupakan area yang baru terjangkau dalam dua tahun terakhir.

Perluasan akan terus dilakukan hingga menjangkau sebagian besar desa yang ada. Selain itu, peningkatan kualitas jaringan juga terus dilakukan untuk area yang sebelumnya sudah terlayani dan mengalami peningkatan trafik penggunaan internet.

Peningkatan kualitas jaringan antara lain dilakukan melalui fiberisasi ke semua BTS. Fiberisasi bertujuan antara lain meningkatkan kapasitas jaringan 4G agar kualitas data menjadi maksimal.

“Jaringan 4G yang akan terkoneksi dengan jaringan fiber optik di area Cirebon Raya akan terus bertambah mengingat kebutuhan untuk meningkatkan kualitas layanan data seiring dengan peningkatan trafik data yang signifikan di seluruh kawasan ini. Selain itu, upgrade kapasitas 4G juga terus dilakukan dengan konsentrasi di area padat penduduk”, tambahnya.

Dalam periode dua tahun terakhir, secara rata-rata trafik data meningkat hingga 130 persen di kawasan ini, dengan pertumbuhan tertinggi berada di Cirebon.

Tinggalkan Balasan