oleh

Soal Ganja, Korea Selatan Perbolehkan Penggunaannya Jadi Obat

JAKARTA – Ahli obat-obatan dari Korean Medical Cannabis Organization (KMCO) Sung Seok Kang mengatakan Korea Selatan memiliki aturan hukum memperbolehkan penggunaan ganja sebagai obat dengan resep yang diberikan khusus oleh Korea Orphan & Essential Drug Center (KOEDC).

“Di Korea Selatan, ada undang-undang yang mengatur penggunaan narkotika secara medis,” kata Sung Seok Kang yang telah dialihbahasakan oleh penerjemahnya dalam sidang mendengarkan keterangan ahli yang dihadirkan oleh Lembaga Bantuan Hukum Masyarakat (LBHM) sebagai pemohon VI dalam Perkara 106/PUU-XVIII/2020 yang disiarkan langsung di kanal YouTube Mahkamah Konstitusi, Selasa (12/10).

Baca Juga:  Kemenhub Bahas Kerja Sama Transportasi dengan Korea Selatan

Keterangan dari ahli dipergunakan untuk mendukung permohonan uji materi UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika terhadap UUD 1945. Pengujian berfokus pada penjelasan Pasal 6 ayat (1) huruf a dan Pasal 8 ayat (1) UU Nomor 35 Tahun 2009 terhadap Pasal 28C ayat (1) dan Pasal 28H ayat (1) UUD 1945.

Pasal 6 ayat (1) huruf a berbunyi, “Dalam ketentuan ini yang dimaksud dengan ‘Narkotika Golongan I’ adalah narkotika yang hanya dapat digunakan untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan dan tidak digunakan dalam terapi serta mempunyai potensi sangat tinggi mengakibatkan ketergantungan.”

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga