Tak Jadi Hambatan, di Tengah Pandemi Covid-19 Warga Kelurahan Rancaekek Kencana Bentuk Komunitas Gowes

RANCAEKEK – Warga Kelurahan Rancaekek Kencana, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung membentuk Komunitas Gowes.

Pandemi Covid-19 tak jadi halangan bagi para warga Kelurahan Rancaekek Kencana dalam melakukan kegiatan olahraga seperti bersepeda.

Selain menyehatkan tubuh, bersepeda juga dapat meminimalisir polusi udara akibat kendaraan bermotor. Sekaligus bisa dijadikan solusi agar menghidari kemacetan.

Ketua Gowes Sehat Kencana, Den Supandi Janung Windagro menyampaikan, terbentuknya Komunitas Gowes di Kelurahan Rancaekek Kencana karena cukup banyak warga yang memiliki kesamaan hobi bersepeda.

“Kita jalin silaturahmi, sehat bareng dan juga aktif kegiatan peduli lingkungan,” kata Supandi kepada Jabar Ekspres di Kantor Kelurahan Rancaekek Kencana, Sabtu (9/10).

Dia berujar, selain aktif dalam kegiatan lingkungan, Komunitas Gowes Sehat Kencana juga selalu bersedia membantu pihak pemerintahan kelurahan.

“Kalau ada kegiatan sosial misalkan dari kelurahan, kita bantu. Kita selama bermanfaat bagi orang lain pasti ikut,” pungkasnya.

Dalam pemaparannya, Supandi menuturkan, Komunitas Gowes Sehat Kencana akan dikembangkan supaya anggotanya tak terbatas hanya di kelurahan saja.

“Mudah-mudahan ke depannya bisa semakin baik, anggotanya semakin banyak supaya silaturahmi semakin luas,” imbuh Supandi.

“Untuk sekarang baru di Kelurahan Rancaekek Kencana saja, tapi saya harap minimal bisa se-Kecamatan Rancaekek,” tambahnya.

Sementara itu, Supandi menjelaskan, jumlah anggota yang terdaftar dalam Komunitas Gowes Sehat Kencana saat ini sebanyak 450 orang.

“Terdaftar 450 orang anggota, itu karena kita batasi. Soalnya masih dalam kondisi pandemi Covid-19, jadi dibatasi dulu,” ujarnya.

Supandi melanjutkan, rata-rata pendaftar dari setiap RW di Kelurahan Rancaekek Kencana bisa mencapai lebih dari ratusan orang. Karenanya, dia membatasi terdaftarnya keanggotaan di Komunitas Gowes Sehat Kencana.

“Setiap Blok rata-rata ada seratusan orang, karena di sini ada 18 RW atau Blok, itung kasarnya bisa sampai 1.800. Karena dibatasi dulu jadi belum sampai seribu, baru 450 orang,” ucap Supandi.

“Komunitas Gowes ini salah satu tujuannya, adalah untuk peduli lingkungan. Mudah-mudahan ke depannya bisa semakin baik,” tutupnya. (mg5)

Tinggalkan Balasan