Novel jadi Pilihan Bacaan Warga Cimahi Selama Pandemi Covid-19

CIMAHI – Buku jenis sastra seperti novel dan puisi menjadi buku yang paling banyak diminati warga Kota Cimahi ditengah pandemi Covid-19.

Hal tersebut bisa terlihat dari warga yang memanfaatkan buku digital “eLib Kota Cimahi”.

E-Lib merupakan platform pinjam buku secara online yang dikembangkan Perpusataakan Kota Cimahi yang digawangi Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi.

“Kalau lihat data, memang novel paling diminati. Ada sekitar 358 judul yang dibaca,” kata Ronny pada Jumat (8/10) kemarin.

Secara keseluruhan, dalam aplikasi baca dan pinjam buku secara online tersebut ada sekitar 1.238 judul buku, dimana setiap judul ada tiga eksemplar. Ada beragam jenis buku yang disediakan.

Dari mula novel, puisi, berbagai ilmu sosial, kesenian, ekonomi, psikologi, filsafat, pengetahuan umum, biografi, sejarah. Dari jumlah koleksi tersebut, ada 906 judul yang sudah dibaca atau dipinjam. Sementara sisanya belum tersentuh.

Ronny mengatakan, ditengah pandemi Covid-19 minat masyarakat untuk membaca secara digital berbagai jenis buku mengalami peningkatan dibandingkat sebelumnya.

Jika sebelumnya hanya ada sekitar 140 pembaca aktif, namun memasuki Oktober 2020 mulai meningkat. Tercatat pada Januari 2021 ada sebanyak 1.447 orang pembaca aktif, Februari sebabnyak 1.321 orang.

Kemudian memasuki bulan Maret 2021 ada sebanyak 2.025 orang, April sebanyak 1.819 orang, Mei sebanyak 1.661 orang, Juni sebanyak 1.346 orang, Juli sebanyak 1.210 orang dan Agustus sebanyak 1.931 orang.

“Tapi ada juga yang menurun sampai 50 persen, yaitu yang mengakses secara fisik. Artinya yang datang ke perpustakaan,” katanya.

Ronny menjelaskan, eLib Kota Cimahi merupakan sistem pinjam buku secara digital, dimana masyarakat yang ingin membaca atau meminjam buku bisa dilakukan secara online tanpa harus datang ke perpustakaan. Sistem tersebut sudah tersedia Play Store. (fey)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan