DPW PKS Jabar Berikan Pendidikan Politik Kepada Seluruh Kader

BANDUNG – DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Barat PKS(Jabar) melakukan pembinaan kepada seluruh kader dengan tujuan meningkatkan kapasitas Pembina Unit Pembinaan Anggotanya.

Ketua DPW PKS Jabar Haru Suhandaru mengatakan, dengan tema “Pendidikan Politik dan Peningkatan Kapasitas Pembina Unit Pembinaan Anggota” bertujuan untuk memberikan pembinaan kepada kader secara berkesinambungan.

“Sebagai partai berbasis kader, pemenuhan ‘nutrisi’ bagi para anggotanya secara berkesinambungan ialah kemestian sebagai bekal mereka menghadapi kompleksitas kondisi masyarakat, menyikapi berbagai problematika, bahkan menjadi solusi di tengah-tengah masyarakat,” ujar Ketua DPW PKS Jawa Barat, Haru Suandharu kepada wartawan, Ahad, (26/9).

Dia mengatakan, “Pembina” merupakan unsur utama terlaksananya proses tersebut. Untuk itu, PKS Jawa Barat menyediakan fasilitas pelatihan bagi para pembina diberbagai jenjang keanggotaan. Karena itu acara ini menjadi sangat penting dilaksanakan.

“Meski kondisi pandemi, pelaksanaan proses ‘supply nutrisi’ yang bergizi bagi para anggota harus tetap tersampaikan,” ujar Haru.

“Apalagi, perlu keterampilan khusus karena kita menghadapi kondisi yang baru, tentu kita perlu keterampilan yang berbeda,”tambahnya lagi.

Haru mengakui, pelaksanaan pembinaan di Unit Pembinaan Anggota selama masa pendemi bukan tanpa kendala, termasuk kendala efektifitas komunikasi.

Jarak, kedala teknis (jaringan, media, juga pengoperasian perangkat) ialah sebagian faktornya. Selain itu, komunikasi melalui media merupakan cara baru yang menuntut pembina mengeluarkan upaya lebih keras, apalagi pelaksanaannya harus berkesinambungan.

Untuk itu, mumpung ada keluangan, selain soal keterampilan, pihaknya mempertemukan sebagian para pembina anggota.  Di momen ini agar tegangannya optimal, kemudian ‘kontennya’ spesial, bukan hanya soal keterampilan namun juga menyampaikan kembali urgensi pelaksanaan pembinaan di Unit Pembinaan Anggota.

‘’Harapannya agar nilainya terjaga pada hati setiap kader, khususnya para pembina,” terang Haru yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Fraksi PKS.

Lebih jauh, pada momen ini juga, PKS Jawa Barat memberikan ‘suplemen’ berupa Pendidikan Politik bagi para pembina.

Dengan begitu, para kader dapat menjadi agen yang menyampaikan pentingnya partisipasi politik sebagai warga masyarakat Indonesia. Harapannya, ke depan, masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam proses berbangsa bernegara secara aktif.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan