Target Pembangunan GOR Depok Meleset

DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tengah mengebut pengerjaan proyek pembangunan Gelanggang Olahraga (GOR) Kota Depok.

Proyek yang berlokasi di kawasan Jalan Boulevard Grand Depok City (GDC), Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong itu sedianya memang direncanakan dibangun dalam dua tahap.

Tahap pertama pembangunan telah berjalan pada 2019 silam dengan anggaran senilai Rp18.668.163.000 yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok.

Selanjutnya, untuk tahap kedua dilanjutkan pada 2020. Namun, akibat pandemi Covid-19 yang sedang marak-maraknya pada tahun 2020 bahkan sampai sekarang, membuat sebagian dana alokasi pembangunan infrastruktur dialihkan untuk penanganan Covid-19.

Dampak dari kebijakan realokasi dan refocusing anggaran tersebut berimbas pada tertundanya beberapa proyek pembangunan infrastruktur termasuk kelanjutan pembangunan GOR.

Alhasil, meski sempat molor, pembangunan GOR tahap kedua akhirnya kembali dilanjutkan di tahun 2021 dengan anggaran sebesar Rp11,9 miliar.

“Anggaran Pembangunan GOR Tahap II yang kini sedang berjalan sebesar Rp11,9 miliar,” kata Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok, Dudi Mi’raz, Rabu (22/9).

GOR dengan luas area kurang lebih 4.992 meter persegi. Dengan Kapasitas penonton mencapai 950-1.000 orang itu pun kini sedang dalam proses finalisasi.

“Alhamdulillah, targetnya meleset, seharusnya sampai pekan ini target pembangunan mencapai 61 persen. Namun, dalam realisasisnya progres pembangunan telah mencapai 77 persen,” ungkapnya.

Atas pencapaian itu, pihaknya otpimistis pembangunan GOR tahap kedua ini bakal terkejar hingga November mendatang.

Saat ini, pengerjaan menyasar sejumlah fasilitas tambahan seperti pembangunan struktur lantai dasar sampai lantai dua, lantai lapangan, dinding lantai dasar-lantai dua, lantai lapangan, tribun, pintu, jendela, dan kusen.

“Kemudian, pengerjaan plafon, santiray, fasad luar, pengecatan, fasad luar, arana penunjang seperti drainase, jembatan, jalan, mekanikal elektrikal dan plumbing, instalasi listrik, tray cable, instalasi penangkal petir, instalasi air dan lain-lain,” pungkasnya. (Mg2/wan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan