Jelang Pertandingan, Begini Persiapan Arena Esport PON XX Papua

JAKARTA – Dua hari menjelang pembukaan cabang olahraga eksibisi esport Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, tampak sibuk menyulap tempat pertandingan, yang menggunakan Lapangan Hoki dan Kriket di Doyo Baru, Jayapura, menjadi arena tempur para atlet.

Belasan pekerja tengah menyelesaikan pembangunan panggung dengan desain mewah yang dilengkapi sederet layar LCD. Di seberang panggung, tim teknis sedang mempersiapkan sistem audio dan visual.

Sementara, di ruang broadcast, sejumlah panitia mempersiapkan jaringan untuk memastikan kelancaran jalannya pertandingan yang sangat mengandalkan infrastruktur internet itu.

Sejumlah pekerja mempersiapkan panggung arena pertandingan cabang olahraga eksibisi esport PON XX Papua di lapangan Hoki dan Kriket di Doyo Baru, Jayapura, Minggu (19/9/2021). (ANTARA/Arindra Meodia)
Persiapan panitia PON XX Papua, Jayapura, Minggu (19/9/2021). (ANTARA/Arindra Meodia)

Pastikan Keamanan Jaringan

Ketua Bidang Humas dan Komunikasi Pengurus Besar Esport Indonesia (PB ESI), Ashadi Ang, mengungkapkan bahwa panitia penyelenggara telah mengamankan jaringan internet di arena pertandingan.

“Internet semua sudah kita amankan, termasuk di arena venue, Telkomsel sendiri sudah mem-boost, termasuk wifi-wifi di sini internetnya sudah cukup kencang jadi dari sisi infarstruktur kami sudah siap,” ujar Ashadi ditemui di Lapangan Hoki dan Kriket di Doyo Baru, Jayapura, Minggu.

Tidak hanya soal jaringan, Ashadi mengatakan panitia penyelenggara juga telah membekali diri dengan perangkat lunak dan perangkat keras terbaik. Salah satunya kartu grafis Nvidia demi kelancaran pertandingan.

“Bahkan kita menggunakan salah satu hardware yang terbaik, RPX 30 90, yang unitnya itu di Indonesia sendiri sangat terbatas. Tapi kita udah pakai di PON yang eksibisi PON esport,” kata Ashadi.

Sejumlah pekerja mempersiapkan panggung arena pertandingan cabang olahraga eksibisi esport PON XX Papua di lapangan Hoki dan Kriket di Doyo Baru, Jayapura, Minggu (19/9/2021). (ANTARA/Arindra Meodia)
Hasil tangkapan layar uji kecepatan jaringan untuk pertandingan cabang olahraga eksibisi esport PON XX Papua di lapangan Hoki dan Kriket di Doyo Baru, Jayapura, Minggu (19/9/2021). (ANTARA/Arindra Meodia)

Dikutip dari Antaranews, berdasarkan uji kecepatan jaringan lewat aplikasi Speedtest di halaman luar arena pertandingan yang dilakukan oleh Antara, Minggu sore, hasilnya latensi internet tercatat pada tingkat 83ms. Angka tersebut sudah cukup baik untuk bermain game — berada di bawah angka 100 ms.

Latensi merupakan jeda waktu yang dibutuhkan untuk mengantarkan data dari pengirim ke penerima. Sebagai gambaran, angka yang latensi yang semakin rendah akan semakin baik dalam memberikan pengalaman bermain esport.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan