Begini Persiapan Pemkot Cimahi Hadapi Musim Hujan

CIMAHI – Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi tengah mempersiapkan diri jelang memasuki musim hujan yang diprediksi berlangsung pada Oktober 2021 mendatang. Dalam beberapa hari terakhir telah terjadi hujan dengan intensitas ringan, sedang, hingga deras.

“Memang sekarang musim pancaroba, mungkin setelah dipelajari dekat dengan adanya akan turun musim hujan,” kata Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi, Ngatiyana, Senin (20/9).

Ngatiyana mengatakan terutama pada Dinas Lingkungan Hidup untuk memperhatikan di sekitar lingkungan Kota Cimahi seperti saluran air, sungai, sampah, dan sebagainya.

“Pemerintah Kota Cimahi sudah berupaya juga terhadap lingkungan di mana dalam hal ini dinas lingkungan hidup termasuk petugas-petugas di lapangan. Salah satu upayanya adalah untuk membersihkan saluran-saluran air, sungai, mungkin ada sampah dan sebagainya,” bebernya.

“Hal ini untuk menghindari apabila turun hujan yang besar tidak lagi terganggu oleh sampah-sampah, sehingga tidak terjadi banjir,” tambahnya.

Dalam hal ini, Ngatiyana mengingatkan kepada masyarakat segera laksanakan kerja bakti secara massal sehingga jika terjadinya banjir dapat teratasi.

“Mari kita laksanakan kerja bakti secara massal di seluruh Kota Cimahi baik ditingkat RT/RW atau seluruh masyarakat untuk membuang timbun-timbunan sampah yang ada di lingkungan masing-masing sehingga banjir pun bisa diatasi,” ujarnya.

Hal tersebut merupakan upaya agar saluran air lancar dan tidak tersumbat sampah.

“Ini salah satu upayanya sehingga saluran airnya bisa lancar, tidak tersumbat dengan sampah-sampah yang ada. Apabila itu terjadi, maka BPBD lakukan kesiapsiagaan siapkan alat-alatnya apabila terjadinya banjir,” tuturnya.

Ngatiyana mengimbau kepada masyarakat tetap memelihara lingkungan di kawasan Kota Cimahi, jaga kebersihan serta keamanan serta jangan buang sampah sembarangan karena akan mengakibatkan banjir.

“Kalau bukan kita yang rawat siapa lagi karena Kota Cimahi milik kita yang harus kita pelihara,” cetusnya. (mg3)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan